SettingsPenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya Pada Siswa SD Kelas V

Authors

  • Hasinurrahmah Hasinurrahmah SDN Pakong 3 Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p150-158

Keywords:

Metode demonstrasi, hasil belajar, cahaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan
metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar materi cahaya pada
siswa kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif. Data hasil belajar siswa diambil dengan
menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan test tulis. Analisis data
dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus
selanjutnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 persentase
siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 76,67% hasil ini dikatakan siswa
belum tuntas belajar secara klasikal. Pada siklus 2 mengalami peningkatan,
persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 96,67% sehingga siswa
kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan dikatakan tuntas belajar secara klasikal.

References

<p>Rositawaty. dkk. 20013. <em>Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam</em><em> 5 : kelas 5 SD dan MI.</em> Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional</p><p> Budimansyah (2004) <em>Model- model pembelajaran dan penilaian</em>, Siliwangi HDB</p><p> Akbar, Ruli Aulia. 2013. <em>Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Tentang Cahaya dan sifatnya.</em> Jakarta: UP</p><p> Arikunto,Suharsimi, dkk.2011.<em>Penelitian tindakan kelas</em>. Jakarta: PT Bumi Aksara</p><p> Haryanto,2004. <em>Sains Jilid 5 untuk Kelas V SD dan MI. Solo</em>: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 263 , PDF Downloads: 211