SettingsPenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya Pada Siswa SD Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p150-158Keywords:
Metode demonstrasi, hasil belajar, cahayaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan
metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar materi cahaya pada
siswa kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif. Data hasil belajar siswa diambil dengan
menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan test tulis. Analisis data
dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus
selanjutnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 persentase
siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 76,67% hasil ini dikatakan siswa
belum tuntas belajar secara klasikal. Pada siklus 2 mengalami peningkatan,
persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 96,67% sehingga siswa
kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan dikatakan tuntas belajar secara klasikal.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal