SettingsPenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya Pada Siswa SD Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p150-158Keywords:
Metode demonstrasi, hasil belajar, cahayaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan
metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar materi cahaya pada
siswa kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif. Data hasil belajar siswa diambil dengan
menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan test tulis. Analisis data
dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus
selanjutnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 persentase
siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 76,67% hasil ini dikatakan siswa
belum tuntas belajar secara klasikal. Pada siklus 2 mengalami peningkatan,
persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 96,67% sehingga siswa
kelas V SDN Pakong 3 Pamekasan dikatakan tuntas belajar secara klasikal.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

