PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p86-91Keywords:
discovery learning, device development, learning implementation plansAbstract
Proses berpikir siswa masih dalam level C1 (mengingat), memahami (C2), dan C3 (aplikasi). Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS). Peneliti juga jarang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan anak-anak tampak tidak ceria. Untuk itu siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran disovery learning merupakan model pembelajaran yang membantu memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Setelah melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery learning, peneliti menemukan bahwa proses dan hasil belajar siswa meningkat. Lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Ketika model Discovery learning ini diterapkan pada kelas V yang lain ternyata proses dan hasil belalajar siswa sama baiknya. Praktik pembelajaran discovery learning yang berhasil baik ini peneliti simpulkan sebagai sebuah best practice (praktik baik) pembelajaran berorientasi HOTS dengan model pembelajaran disovery learning.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal