PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diana Rahmawati SDN Randualas 02 Kecamatan Kare, Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p86-91

Keywords:

discovery learning, device development, learning implementation plans

Abstract

Proses berpikir siswa masih dalam level C1 (mengingat), memahami (C2), dan C3 (aplikasi). Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).  Peneliti juga jarang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan anak-anak tampak tidak ceria. Untuk itu siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).  Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Discovery Learning.  Model pembelajaran disovery learning merupakan model pembelajaran yang membantu memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Setelah melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery learning, peneliti menemukan bahwa proses dan hasil belajar siswa meningkat. Lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Ketika model Discovery learning ini diterapkan pada kelas V yang lain ternyata proses dan hasil belalajar siswa  sama baiknya. Praktik pembelajaran discovery learning yang berhasil baik ini peneliti simpulkan sebagai sebuah best practice (praktik baik) pembelajaran berorientasi HOTS dengan model pembelajaran disovery learning.

References

<p>Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In <em>International Conference on Bussiness Law and Pedagogy</em> (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).</p><p> Juniarso, T. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya. <em>MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology</em>, <em>3</em>(2), 240-248.</p><p> Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. <em>ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar</em>, <em>4</em>(1), 36-43.</p><p> Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. <em>Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar</em>, <em>2</em>(1), 90-98.</p><p> Maarif, S. (2016). Improving Junior High School Students' Mathematical Analogical Ability Using Discovery Learning Method. <em>International Journal of Research in Education and Science</em>, <em>2</em>(1), 114-124.</p><p> Mayer, R. E. (2004). Should there be a three-strikes rule against pure discovery learning?. <em>American psychologist</em>, <em>59</em>(1), 14.</p><p> Mabruroh, L. H., &amp; Irianto, A. (2020). PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR. <em>Jurnal Pendidikan Dasar</em>, <em>11</em>(1), 102-108.</p><p> Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Fanny, A. M., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur, C., ... &amp; Ardhian, T. (2020) The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature.</p><p> Tenriawaru, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PPK Yang Berorientasi Pada Kecakapan Abad-21. <em>Histogram</em>, <em>2</em>(2), 195-206.</p><p> Trung, T. (2014). Discovery learning with the help of the geogebra dynamic geometry software. <em>International Journal of Learning, Teaching and Educational Research</em>, <em>7</em>(1).</p><p> Yaumi, M. (2016). <em>Pendidikan karakter: landasan, pilar &amp; implementasi</em>. Prenada Media.</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 263 , PDF Downloads: 211