SettingsPenerapan Media Virus (Visual Rumus) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatan Hasil Belajar Kelas VI SDN Opo Opo Kec. Krejengan Kab. Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p139-149Keywords:
Pembelajaran matematika, Media, prestasi belajarAbstract
Pembelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
menarik untuk dikemukakan karena pembelajaran yang menekankan pada
pemberian pengalaman belajar secara langsung kepada siswa untuk mencari
tahu dan berbuat sesuatu sehingga mereka mampu menjelajahi dan
memahami alam secara ilmiah. Dalam memahami konsep pembelajaran
Matematika terkadang siswa kesulitan untuk mencerna suatu materi. Dengan
kata lain siswa tersebut memerlukan sebuah media pembelajaran yang bukan
mengandalkan pada imajinasi saja, tetapi bersifat konkrit sehingga siswa lebih
mudah memahami materi yang diajarkan pendidik. Diperlukan sebuah
metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses
pembelajaran Matematika..Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa prestasi belajar mata pelajaran Matematika di kelas VI SDN Opo - Opo
masih kurang memuaskan. Hal ini dapat berakibat rendahnya prestasi belajar
siswa terhadap pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena kurang
tepatnya media pembelajaran yang digunakan pendidik sehingga berdampak
pada kurang menariknya pembelajaran MATEMATIKA bagi siswa. Dengan
dasar penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media Virus (Visual
Rumus) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Opo - Opo
Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal