SettingsPenerapan Media Virus (Visual Rumus) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatan Hasil Belajar Kelas VI SDN Opo Opo Kec. Krejengan Kab. Probolinggo

Authors

  • Nur Cholifah Sekolah Dasar Negeri Opo – Opo

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p139-149

Keywords:

Pembelajaran matematika, Media, prestasi belajar

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
menarik untuk dikemukakan karena pembelajaran yang menekankan pada
pemberian pengalaman belajar secara langsung kepada siswa untuk mencari
tahu dan berbuat sesuatu sehingga mereka mampu menjelajahi dan
memahami alam secara ilmiah. Dalam memahami konsep pembelajaran
Matematika terkadang siswa kesulitan untuk mencerna suatu materi. Dengan
kata lain siswa tersebut memerlukan sebuah media pembelajaran yang bukan
mengandalkan pada imajinasi saja, tetapi bersifat konkrit sehingga siswa lebih
mudah memahami materi yang diajarkan pendidik. Diperlukan sebuah
metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses
pembelajaran Matematika..Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa prestasi belajar mata pelajaran Matematika di kelas VI SDN Opo - Opo
masih kurang memuaskan. Hal ini dapat berakibat rendahnya prestasi belajar
siswa terhadap pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena kurang
tepatnya media pembelajaran yang digunakan pendidik sehingga berdampak
pada kurang menariknya pembelajaran MATEMATIKA bagi siswa. Dengan
dasar penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media Virus (Visual
Rumus) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Opo - Opo
Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.

References

<p>Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta : Bumi Aksara.</p><p> _______, Suharsimi. 2012. <em>Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p><p> Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. <em>Strategi Belajar Mengajar (Edisi ReVsi)</em>. Jakarta : Rineka Cipta.</p><p> Hamdani. 2011. <em>Strategi Belajar Mengajar</em>. Bandung : Pustaka Setia.</p><p> Hartiny, Rosma S. 2010. <em>Model Penelitian Tindakan Kelas</em>. Yogyakarta : Sukses Offset.</p><p> Huda, Miftahul. 2014. <em>Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p>

Published

2022-12-25
Abstract views: 433 , PDF Downloads: 1245