Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VI Semester I
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p131-138Keywords:
Discovery Learning, Bilangan Bulat Negatif, Kelas 6 Semester 1.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan perkalian pada
siswa dan meningkatkan proses pembelajaran mata pelajaran Matematika serta
meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran
terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi
dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN Manyaran 4 Kelas
VI Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 12 siswa. Data
awal yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar. Rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya adalah kurang dari
55 namun setelah peneliti menerapkan model Discovery Learning sebagai
sarana mamahami Operasi Hitung Bilangan Bulat didapatkan hasil yang
memuaskan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi
70 dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Hasil ini menunjukkan bahwa
penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah berhasil meningkatkan hasil
belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar bagi guru atau
peneliti yang kondisi lingkungan hampir sama dengan yang dilakukan oleh
peneliti sebaiknya menggunakan metode pembelajaran seperti yang telah
peneliti lakukan.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal