SettingsPengaruh Penguasaan IT Terhadap Self Confidence Peserta Didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya Tahun 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p159-165Keywords:
Penguasaan IT, Information and Technology, Self Cofidence, Peserta didikAbstract
SettingsPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya
pengaruh yang signifikan antara penguasaan IT terhadap Self Confidence
peserta didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya tahun ajaran 2019/2020.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V dan VI yang berjumlah
3 kelas, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat
kesalahan sebesar 10% dari 107 peserta didik dengan jumlah 52 orang peserta
didik. Dalam mengukur variabel penelitian, peneliti melakukan uji instrumen
terlebih dahulu, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, dalam
mengukur pengaruh kedua variabel menggunakan rumus korelasi dan
regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16 untuk mengetahui hasil data
yang telah dilakukan. Berdasarkan olah data yang menyatakan adanya
pengaruh yang signifikan antara penguasaan IT terhadap Self Confidence
peserta didik di MI Muhammadiyah 23 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020
yaitu sebesar 61,7% dan 38,3% self confidence dipengaruhi oleh aspek
lainnya
References
Ghufron, dan Risnawati. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Japar, Muhammad. (2018). Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Politik Press.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2013). Al-Quran Al-Karim dan Terjemahnya. Jakarta: Halim.
S, Khusnia, dan Rahayu S.A. (2010). œHubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Diri Remaja Tunanetra. Jurnal Penelitian Psikologi 1.
Samad, Mukhtar. (2016). Integrasi Pembelajaran Bidang Studi IPTEK dan Al-Islam. Yogyakarta: Sunrise.
Tim Badan Pusat Statistika Jawa Timur. (2015). œStatistik Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. CV. Azka Putra Pratama.
Tim Badan Pusat Statistika Surabaya. (2019). Kota Surabaya Dalam Angka Surabaya Municipality In Figures 2018. Surabaya: CV. Azka Putra Pratama.
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

