SettingsAnalisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • ARIS RENANDIKA UNIVERSITAS JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p106-114

Keywords:

project based learning, STEM, berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di sdn sumberpinang 02 jember. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental dengan menggunakan pola pretest-post test control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas 5A dan kelas 5B di SDN Sumberpinang 02 Jember dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumplan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dari penghitungan uji-t pada nilai kemampuan berpikir kreatif yaitu sebesar 2,836. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,836 > 0,312, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 41,4% dengan kategori sedang.

References

<p>Afriana, J., A. Permanasari, dan A. Fitriani. 2016. Project Based Learning Integrated To STEM To Enhance Elementary Schools Students  Scientific  Literacy.<em> Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. </em>5(2): 261-267.</p><p> </p><p>Agustiningsih., Nuriman, K. Mahmudi, F. T. P. Lestari, dan A. A. Wardoyo. 2019. Development of Textbooks Based on The STEM (Science Technology Engineering And Mathematics) Approach on The Always Energy Saving Theme Energy Source Subtheme for Class IV Elementary School Students. <em>International Journal of Scientific and Technology Research. </em>8(9): 2348-2350.</p><p> </p><p>Ismayani, A. 2016. Pengaruh Penerapan <em>STEM Project-Based Learning</em> terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. <em>Journal of Mathematics and Education</em>. 3(4): 26472.</p><p> </p><p>Kemendikbud. 2017. <em>Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. </em>Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.</p><p> </p><p>Mahsyud, S. 2016. <em>Metode Penelitian Pendidikan</em>. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.</p><p> </p><p>Mutakinati, L., I. Anwari. 2018. Analysis of Students Critical Thinking Skill of Middle School Through STEM Education Project-Based Learning. <em>Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia.</em> 7(1): 54-65.</p><p> </p><p>Nur, I. R. D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. <em>Jurnal Pendidikan Unsika. </em>4(1): 26-41.</p><p> </p><p>Srimaryati, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 9 Bandar Lampung. <em>Skripsi. </em>Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.</p><p> </p><p>Suranti, N. M. Y., Gunawan, dan H. Sahidu. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan. <em>Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. </em>2(2): 73-79.</p><p> </p>Wijayanti, A., dan K. Fajriyah. 2018. Implementasi <em>STEM Project Based Learning</em> untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru SD. <em>Jurnal Pendidikan Sains.</em> 6(2): 62-69.

Published

2022-12-25
Abstract views: 960 , PDF Downloads: 982