SettingsAnalisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p106-114Keywords:
project based learning, STEM, berpikir kreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di sdn sumberpinang 02 jember. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental dengan menggunakan pola pretest-post test control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas 5A dan kelas 5B di SDN Sumberpinang 02 Jember dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumplan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dari penghitungan uji-t pada nilai kemampuan berpikir kreatif yaitu sebesar 2,836. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,836 > 0,312, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 41,4% dengan kategori sedang.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.

