SettingsPengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Mayu Rusydiana Jember University
  • Nuriman Nuriman Universitas Jember
  • Arik Aguk Wardoyo Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16

Keywords:

project based learning, HOTS

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental dengan pola pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu kelas VA dan VC SDN Sumbersari 03 Jember yang telah diuji homogenitas yang berjumlah 56 siswa. Hasil penelitian diperoleh beda rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas kontrol sebesar 9,44 dan kelas ekperimen sebesar 15,25 yang kemudian dilakukan uji-t. Data yang telah dianalisis menggunakan SPSS 23 menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,480 yang kemudian dikonsultasikan dalam taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel 0,2632. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahu bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,480 > 0,2632), kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap higher order thinking skills pada kelas V sekolah dasar. 

References

Anderson, L.W., dan Krathwol, D.R. (Eds). 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom
(Terjemahan Agung Prihantoro).Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Backer, E., Trygg B., Otto P., Tudor M., dan Ferguson L. 2011. Project Based Learning Model Relevant Learning for the 21st Century. Washington DC: Pasific Education Institute.
Fitri, H., Dasan, I.W., dan Suharjo. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggo Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3 (2): hal 206.
Hayati, W.I., Utaya, S., dan Astina I.K. 2016. Efektvitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan. 1(3) 468474.

Published

2022-12-25
Abstract views: 837 , PDF Downloads: 2108 , PDF Downloads: 0