SettingsPengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16Keywords:
project based learning, HOTSAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental dengan pola pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu kelas VA dan VC SDN Sumbersari 03 Jember yang telah diuji homogenitas yang berjumlah 56 siswa. Hasil penelitian diperoleh beda rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas kontrol sebesar 9,44 dan kelas ekperimen sebesar 15,25 yang kemudian dilakukan uji-t. Data yang telah dianalisis menggunakan SPSS 23 menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,480 yang kemudian dikonsultasikan dalam taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel 0,2632. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahu bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,480 > 0,2632), kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap higher order thinking skills pada kelas V sekolah dasar.
References
Anderson, L.W., dan Krathwol, D.R. (Eds). 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom
(Terjemahan Agung Prihantoro).Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Backer, E., Trygg B., Otto P., Tudor M., dan Ferguson L. 2011. Project Based Learning Model Relevant Learning for the 21st Century. Washington DC: Pasific Education Institute.
Fitri, H., Dasan, I.W., dan Suharjo. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggo Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3 (2): hal 206.
Hayati, W.I., Utaya, S., dan Astina I.K. 2016. Efektvitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan. 1(3) 468474.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
The articles published in this journal are protected by copyright. The copyright remains with the authors of the articles, but the publishing license is held by Universitas Negeri Surabaya as the journal manager. This license, Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), allows readers to copy, distribute, and adapt the work, provided that proper attribution is given to the original author and any modified work is published under the same license. This license grants the freedom to use the work both commercially and non-commercially, as long as it adheres to the terms outlined in the license.


