SettingsPengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16Keywords:
project based learning, HOTSAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning terhadap higher order thinking skills pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental dengan pola pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu kelas VA dan VC SDN Sumbersari 03 Jember yang telah diuji homogenitas yang berjumlah 56 siswa. Hasil penelitian diperoleh beda rata-rata nilai pretest-posttest pada kelas kontrol sebesar 9,44 dan kelas ekperimen sebesar 15,25 yang kemudian dilakukan uji-t. Data yang telah dianalisis menggunakan SPSS 23 menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,480 yang kemudian dikonsultasikan dalam taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel 0,2632. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahu bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,480 > 0,2632), kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap higher order thinking skills pada kelas V sekolah dasar.
References
(Terjemahan Agung Prihantoro).Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Backer, E., Trygg B., Otto P., Tudor M., dan Ferguson L. 2011. Project Based Learning Model Relevant Learning for the 21st Century. Washington DC: Pasific Education Institute.
Fitri, H., Dasan, I.W., dan Suharjo. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggo Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3 (2): hal 206.
Hayati, W.I., Utaya, S., dan Astina I.K. 2016. Efektvitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan. 1(3) 468474.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms :
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneosly licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an intitutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal