Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Mata Pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

(Studi pada Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Blitar)

Authors

  • Citra Islamy Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Suputra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p1-15

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkansebuah media pembelajaran visual berupa explosion box yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajarpeserta didik pada mata pelajaran Korespondensi. Materi yang digunakan pada media adalah KD 3.6 Menerapkan Tata Cara Pembuatan Surat Pribadi. Jenispenelitian dan pengembangan menggunakan penelitianpengembangan dengan model Sugiyono. Penelitiandilakukan di SMKN 2 Blitar. Hasil penelitian ini adalahmedia yang dikembangkan dengan kualitas yang sangat layak dan dapat diterapkan dalam pembelajaranKorespondensi, karena hasil validasi ahli materi dan ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,81 dan 3,78 dengan kategori “sangat baik”. Hasil angketpengguna pada uji coba produk dan uji coba pemakaianmemperoleh skor rata-rata sebesar 3,82 dan 3,74 dengan kategori “sangat baik”.

Downloads

Published

2022-07-20

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1726 , PDF Downloads: 1594