Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Servis Atas Bola Voli

Authors

  • Arief Andriana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rekha Ratri Julianti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p181-188

Keywords:

cooperative, inquiry study model, skill, service, volleyball

Abstract

The study aims to compare two study models, both inquiry and cooperative models, to learn of a more significant impact on volleyball service skills. The study used experimental methods with sampling using cluster random sampling technique in class VIII two classes were randomly selected as samples, use design factorial 2x2. The data-analysis technique uses tests from tests and kai squared, which is the data analysis technique used to compare the two learning models used. Research obtained results ie 8,81>7,28. From the research results, it can be concluded that the cooperative learning model is better than the inquiry learning model.

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 1, 2017, 5(1), 1527.

Alek Oktadinata. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Konvensional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bolavoli Siswa Sma N 9 Kota Jambi. 1, 68. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Amida, N., Andromeda, & Bahrizal. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Crh pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2018:2(2): 198-202, 2(2), 198202.

Fiteriani, I., & Suarni. (2016). Model pembelajaran kooperatif dan implikasinya pada pemahaman belajar sains di SD/MI (studi PTK di kelas III MIN 3 Wates Liwa Lampung Barat) 1. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 3 Nomor 2 Desember 2016 P-ISSN: 2355-1925 MODEL, 3, 122.

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekutan Otot Lengan terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli. 3(1), 16.

Ginanjar, A. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 45, Nomor 2, November 2015, Halaman 123-129, 45(2), 123129. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7489

Lubis, H. P. S., Djulia, E., & Edi, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kooperatif Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Animalia di SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 167173. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i3.4316

Pratiwi, C. O., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 2 No 1 (2017), 2(1), 291300.

Rahayu, S, E., & Febriaty, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional UMSU. 17(02), 94106.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016, 1(2), 115124.

Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, 1(1), 421430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulfemi, W. B., Value, P., & Technique, C. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantun Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, Volume 20, Nomor 1, 1, 5368.

Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015, 1, 106117.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Change Publication.

Susanto, T., Sugihartno, T., & Pujianto, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Servis Atas melalui Penerapan Latihan Menggunkan Dumbbell Pada Siswa Kelas X IPS 6 SMA Plus Negeri 7 Bengkulu. 3(1), 125132.

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016 | 29, 5, 2937.

Published

2022-01-12

How to Cite

Andriana, A., Marlina, R., & Julianti, R. R. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Servis Atas Bola Voli. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(2), 181–188. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p181-188

Issue

Section

Articles
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 780