PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA MASSA PADA MOTIVASI OLAHRAGAWAN

Heny Setyawati

Abstract


 

 

Kinerja olahraga dipengaruhi oleh adanya harapan yang positif dan negatif pada suatu hal tertentu. Harapan positif akan membawa dampak positif pada penampilan, demikian juga harapan negatif akan membawa dampak negatif pada penampilan. Harapan Positif pada olahragawan dipengaruhi oleh motivasinya dalam berolahraga.  Motivasi yang besar akan menghasilkan penampilan yang maksimal. Satu faktor eksternal yang bisa mempengaruhi motivasi pada olahragawan adalah pemberitaan di media massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberitaan media massa pada motivasi olahragawan.

Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenology, yaitu mereduksi pengalaman psikologis olahragawan terkait dengan pemberitaan di media massa. Metode yang digunakan untuk memeroleh data dengan melakukan  wawancara, observasi dan dokumentasi.   

Pengaruh pemberitaan media massa pada olahragawan khususnya dalam meningkatkan derajad dalam pelaksanaan tugas. Pemberitaan yang dipersepsi positif di di media massa membangun memotivasi olahragawan untuk berusaha menjadi lebih baik. Mereka menjadi termotivasi dan lebih semangat dalam berlatih dan bertanding. Kondisi tersebut menyiratkan bahwa ketika olahragawan muncul menjadi bahan berita di media massa secara positif bisa menambah semangatnya baik dalam berlatih maupun dalam menghadapi pertandingan. Dalam sisi yang lain pemberitaan negatif di media massa ternyata tidak membuat mereka menarik diri atau down. Sebaliknya pemberitaan negatif justru ada yang menjadi motivasi bagi mereka untuk menunjukkan bahwa mereka bisa lebih berprestasi lagi dan tidak seperti yang diberitakan. Selain itu juga menjadi koreksi bagi mereka untuk memperbaiki diri.

Saran-saran yang dapat diajukan dari simpulan dan implikasi penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagi olahragawan, bisa menjadi acuan untuk bagaimana mengolah informasi secara tepat, untuk mengembangkan motivasinya. Bagi media massa, agar membantu olahragawan melalui konstruksi pemberitaan di media massa untuk membantu membangun motivasi  olahragawan.

           

Kata Kunci: Pemberitaan Media massa, Motivasi Olahragawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Sport Science and Education (JOSSAE) E-ISSN : 2548-4699

Indexed by :

 

Alamat Penyunting dan Tata Usaha

Sekretariat JOSSAE. Gedung U1 Lantai 2

FIK - Unesa Lidah Wetan, 60213 Surabaya - Jawa Timur

Phone: 031-7532571 Fax 031-7532759

Whatssapp: +4915175575317, 081235964624

Hmepage : http : //fik.unesa.ac.id

E-mail: jossae.fik@unesa.ac.id

 

 

Journal of Sport Science and Education (JOSSAE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License