The Nutritional Status Profile of Physical Education Teachers

Penulis

  • Bambang Priyono Universitas Negeri Semarang
  • Fatkhur Rozi Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Jacklyn Anak Joseph Universiti Putra Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jossae.v8n1.p1-10

Kata Kunci:

nutritional status, physical education, physical fitness, teacher

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas status gizi guru pendidikan jasmani dan dampaknya secara teoretis. Data penelitian bersifat kualitatif dan dihasilkan dari pengisian kuisioner terbuka terhadap informan. Informan berjumlah 124 secara sukarela mengisi kuisioner tersebut dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, untuk itu data informan dilindungi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data, reduksi, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa 1 orang berkategori underweight, 71 orang berkategori healthy weight (normal), 27 orang berkategori overweight, dan 25 orang berkategori obese. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 59% guru yang memiliki status gizi healthy weight dan sisanya pada posisi tidak sehat (tidak ideal) akan berdampak pada tingkat kebugaran dan kesehatannya, serta menunjukkan performa kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional yang belum maksimal.

Referensi

Almatsier, S. (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Armiza, M. (2019). Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Intensitas Nyeri Punggung Bawah Pada Penderita Low Back Pain Yang Berobat Di Rumah Sakit Sundari Tahun 2018. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU).

Bayu, W. I., Syafaruddin, S., Yusfi, H., Syamsuramel, S., Solahuddin, S., & Victorian, A. R. (2021). Gambaran aktivitas fisik dan indeks massa tubuh calon guru pendidikan jasmani selama pandemi Covid-19. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 130. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10394

Berawi, K. N., & Ningrum, A. F. (2017). Faktor Risiko Obesitas dan Kejadian Asma. Majority, 6(2).

Dadayeva, V. A., Fedorovich, A. A., Mikhailova, M. A., Kim, O. T., & Drapkina, O. M. (2020). The state of vascular wall in obesity. In Profilakticheskaya Meditsina (Vol. 23, Issue 5). https://doi.org/10.17116/profmed202023051158

Fitriyana, N. L. (2022). Hubungan Status Gizi Terhadap Kebugaran Jasmani Atlet PB Rio di Masa Pandemi Covid-19 Desa Bakaran Kulon Juwana Pati. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3077

Frehlich, L., Christie, C. D., Ronksley, P. E., Turin, T. C., Doyle-Baker, P., & McCormack, G. R. (2022). The neighbourhood built environment and health-related fitness: a narrative systematic review. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 19(1), 124. https://doi.org/10.1186/s12966-022-01359-0

Gustina, E., Handani, M. C., & Sirait, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Osteoartritis Studi Kasus Kontrol Di Rumah Sakit TK II Putri Hijau Medan Tahun 2017. Excellent Midwifery Journal, 3(1).

Husnah, S. E., Andriati, A., Wardhana, T. H., & Awalia, A. (2019). Osteoarthritis Knee Patient with Obesity in Airlangga University Hospital Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 1(2). https://doi.org/10.36590/jika.v1i2.30

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Konieczka, K., Ritch, R., Traverso, C. E., Kim, D. M., Kook, M. S., Gallino, A., Golubnitschaja, O., Erb, C., Reitsamer, H. A., Kida, T., Kurysheva, N., & Yao, K. (2014). Flammer syndrome. EPMA Journal, 5(1), 11. https://doi.org/10.1186/1878-5085-5-11

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Kurniansyah, M. R. T. (2020). Hubungan Antropometri Dengan Kebugaran Jasmani Pemain Sepakbola SMA. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 9(1).

Lim, J., & Park, H. S. (2016). Relationship between underweight, bone mineral density and skeletal muscle index in premenopausal Korean women. International Journal of Clinical Practice, 70(6). https://doi.org/10.1111/ijcp.12801

Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Park, D., Lee, J.-H., & Han, S. (2017). Underweight. Medicine, 96(48), e8769. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000008769

Pharr, J. R., Coughenour, C. A., & Bungum, T. J. (2018). An assessment of the relationship of physical activity, obesity, and chronic diseases/conditions between active/obese and sedentary/ normal weight American women in a national sample. Public Health, 156. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2017.12.013

Sato, Y., Fujimoto, S., Konta, T., Iseki, K., Moriyama, T., Yamagata, K., Tsuruya, K., Kimura, K., Narita, I., Kondo, M., Asahi, K., Kurahashi, I., Ohashi, Y., & Watanabe, T. (2015). Significance of estimated glomerular filtration rate in predicting brain or heart attacks in obese and non-obese populations. Clinical and Experimental Nephrology, 19(5). https://doi.org/10.1007/s10157-014-1062-2

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Priyono, B., Rozi, F., & Joseph, J. A. . (2023). The Nutritional Status Profile of Physical Education Teachers. Journal of Sport Science and Education, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jossae.v8n1.p1-10

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 485 , PDF Downloads: 482 , PDF Downloads: 142

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.