RANCANG BANGUN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS INDUSTRI KECIL (HOME INDUSTRY)

Authors

  • Dewanto Dewanto Jurusan Teknik Mesin FT Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v15n1.p1-8

Keywords:

Industri kecil, produktivitas, dan Teknologi Tepat Guna

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas industri kecil penghasil bawang goreng. Industri kecil tersebut merupakan salah satu dari 20 tenant binaan tim pelaksana Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Unesa yang sebagian besar didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarat (DRPM) tahun 2019. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan rancang bangun Teknologi Tepat Guna (TTG) Mesin Perajang Bawang untuk menggantikan alat perajang bawang manual milik tenant yang penggunaanya sudah tidak efektif dan efisien lagi. Dari pelaksanaan program dihasilkan TTG Mesin Perajang bawang dengan spesifikasi: Kerangka baja ST.37, tinggi TTG 95 cm, berat 14,8 kg, motor ½ PK, dan kapasitas TTG 1,2 kg bawang irisan per menit. Bila dibanding dengan peralatan tenant sebelumnya yang hanya berkapasitas 0,28 kg bawang irisan per menit, maka jelas dengan menerpkan TTG hasil rancangan tim pelaksana program PPK ini dapat meningkatkan produktivitas tenant.

References

Ahmadi Fuad (2001), Karakteristik Teknologi Tepat Guna Dalam Industri Skala Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Makalah yang Disampaikan dalam rangka pelatihan produktivitas usaha kecil di Unesa. Tanggal 26 Juli tahun 2001.

Haryono dkk. (1999). Buku Panduan Materi Kuliah Kewira-usahaan. Unipres UNESA Surabaya

John E Biegel (1998). Pengendalian Produksi, Suatu Pendekatan Kuantitatif. Terjemahan. Tarsito Bandung

Nyoman Sutantra I (2001). Produktivitas Sistem Produksi dan Teknologi. Makalah yang disampaikan dalam rangka pelatihan produktivitas usaha kecil di Unesa.Tanggal 26 Juli tahun 2001.

Sularso dan Kiyokatsu Suga (1983). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Cetakan Keempat, Jakarta: PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Sutiono (2001). Produktivitas UKM di Jawa Timur. Makalah yang disampaikan dalam rangka pelatihan produktivitas usaha kecil di Unesa.Tanggal 26 Juli tahun 2001.

V Dobrovolsky. Machine Elements, Foregn Language Publishing House, Moscow

Wayan Barata (1983). Elemen Mesin I,II,III Teknik Mesin FT ITS.

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Article
Abstract View: 1087