Modifikasi Alat Bantu Gerinda Silindris untuk Meningkatkan Fungsi Mesin Bubut

Authors

  • Hendra Saputra Pratama

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v15n1.p9-13

Keywords:

Mesin bubut, Alat bantu gerinda silindris, Tool post, Kesilindrisan

Abstract

Pemesinan adalah salah suatu bagian dari industri manufaktur. Pemesinan memenggang peranan penting didalam produksi yaitu konstruksi mesin dan komponen-komponen mesin. Proses pemesinan meliputi mesin perkakas yaitu mesin bubut, mesin freis, mesin sekrap, mesin bor, mesin gerinda duduk, mesin gerida silindris, mesin gerinda datar, mesin pons dan yang lain-lain. Mesin bubut membuat proros , baut dan lain-lain ini dilakukan secara manual oleh operator. Untuk meningkatkan fungsi dari mesin bubut yaitu dengan menambahkan alat bantu gerinda silindris yang mana alat bantu tersebut dipasang pada eretan melintang mesin bubut ( dudukan tool post ) dan alat bantu ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin gerinda silindris. Alat bantu gerinda silindris   dengan rancangan yang sesuai yaitu meliputi motor listrik sebagai elemen penggerak, bantalan ( bearing) untuk memutarkan poros yang dihubungkan dengan batu gerinda, poros dan sebagai elemen transmisi yang digerakan digunakan pulley dan belt. Dengan dibuatrnya alat bantu gerinda silindris bisa menghasilkan produk kesilindrisan yang sama dengan produk mesin gerinda silindris.

References

Husman, œAlat Bantu Khusus Gerinda Silindris Luar Pada Mesin Bubut Laporan Akhir Thesis Pasca Sarjana, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 2013.

Mechanical Engineering, Bagian Bagian Mesin Bubut [Online], diakses pada tanggal 14 agustus 2017, Available:http://www.mechanical engineering.net/.

Dedy Prastiawan, œRancang Bangun Alat Gerinda Silindris Permukaan Luar Pada Mesin Bubut Konvensional Laporan Akhir Proyek Akhir, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010.

Sularso dan Kiyakotsu Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta: PT Pradaya Paramita, 2002 [Hal 1-28, 103-104, 163, 296-299].

Taufiq Rochim, œTeori & Teknologi Proses Permesinan, ITB bandung, Higher Education Development Support Project, 1993. [Hal 23-24].

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Article
Abstract views: 1918 , PDF Downloads: 2180