Rancang Bangun Trainer Friction Loss Pada Sistem Perpipaan Sebagai Media Pembelajaran Di Laboratorium Mekanika Fluida Pada Jurusan Teknik Mesin Unesa

Authors

  • Diastian Vinaya Wijanarko Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya
  • Bellina Yunitasari Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/otopro.v13n1.p1-8

Keywords:

bukaan katub, gesekan, pipa, , sambungan pipa, trainer

Abstract

Rancang bangun trainer friction loss pada sistem perpipaan telah selesai di uji pada penelitian ini.  Bahan pipa terbuat dari westpex, tekanan air diukur dengan menggunakan pressure gauge, pengukur debit menggunakan flow meter. Pengkuran akan dilakukan pada bukaan katub seperempat, setengah, tigaperempat, dan penuh. Hasil pengujian alat akan diolah kedalam bentuk head loss, pressure loss, kecepatan aliran, bilangan Reynolds, dan koefisien gesek pipa. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, kesimpulan yang didapatkan adalah head loss meberikan hasil semakin meningkat pada bukaan katub setengah sampai penuh, pressure loss memberikan hasil yang semakin meningkat pada bukaan katub seperempat sampai penuh, kecepatan aliran aliran pada bukaan katub seperempat sampai penuh semakin besar sehingga bilangan Reynolds meningkat mengikuti besarnya bilangan Reynold, dan koefisien gesek pipa pada setiap bukaan katub seperempat sampai penuh menurun.

References

Februarman, dkk. 2005. Diktat Praktikum Hidrolika. Universitas Andalas Padang.

Fox, Robert W., and Mc Donald, Alan T. 1994. Introduction to Fluid Mechanics, 4thEdition. John Wiley and Son, Inc.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pipa_(saluran), diakses 25 Maret 2015

Munson, Young, Donald F., and Okishi, Thedore H. 1996.Mekanika Fluida. Erlangga, Jakarta.

Munson, Young, Donald F., and Okishi, Thedore H. 2011. A Brieft Introduction to Fluid Mechanics, 5th Edition.John Wiley & Sons, Inc.

Adiwibowo, Priyo H., dan Sakti, Arya M. 2015. Rancang Bangun Alat Ukur Kapasitas Air Sungai Sistem Portabel untuk Pemetaan Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLMTH). UNESA.

Downloads

Published

2019-06-18

Issue

Section

Article
Abstract views: 629 , PDF Downloads: 1863