Pengembangan Buku Ajar Digital Berbasis Brain-Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Dilengkapi Media Story Picture Serta Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA

Authors

  • Jekti Prihatin Universitas Jember
  • Bea Hana Siswati Universitas Jember
  • Suratno Suratno Universitas Jember
  • Slamet Hariyadi Universitas Jember
  • Bevo Wahono Universitas Jember
  • Intan Febrianti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p1-11

Keywords:

berpikir kritis, pendekatan Brain-Based Learning, buku ajar digital valid, praktis dan efektif

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yaitu melalui penggunaan buku ajar digital. Buku ajar digital yang terdiri dari story picture dan flash card menggunakan pendekatan pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) untuk merangsang keterampilan berpikir. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan (Research Development). Desain pengembangan buku ajar digital mengacu pada model pengembangan ADDIE untuk menghasilkan buku ajar digital berbasis BBL pada materi sistem pencernaan yang meliputi validitas, praktikalitas, dan efektivitas buku ajar digital untuk meningkatkan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata validasi buku sebesar 81,15 yang tergolong valid. Nilai kepraktisan dengan skor 86,33 yang termasuk sangat praktis. Keefektifan buku ajar digital yang diukur melalui rerata hasil kemampuan dapt berpikir kritis yaitu sebesar 86,02 dan nilai N-Gain sebesar 0,37.

References

Araina, E., Savitri, S., Mashabhi, S., & Pratama, F. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.37304/bed.v2i2.3746

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Jurnal Pendidikan. 3(1), 35 – 43.

Dewi, L. V., M. Ahied, I. Rosidi dan F. Munawaroh. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 10(2), 299-213.

Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 1(1), 98-109.

Firdaus dan R. Mukhaiyar. (2021). Buku Ajar Berbasis Masalah untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 4(1), 192-201.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Hake, R. R. (2002). Assessment of Student Learning in Introductory Science Courses. United States: Indiana University.

Hendratmoko, T., D. Kuswandi dan P. Setyosari. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP. 3(2), 152-157.

Khoeriyah, U., A. Nurlaela dan D. Solehat. (2019). Model Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 3(2), 179-191.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suderman.1(1), 28-43.

Masi, L. & Dwiantara, G.A. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Matematika. 4(1), 57- 70.

Mubarokah, N. L. (2019). Penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Indera Kelas XI Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8(3), 178-184.

Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Pendidikan Biologi. 2(2), 15-19.

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 92-104.

Nugroho, F.A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(5), 13-22.

Nuryanti, L. S. Zubaidah, dan M. Diantoro. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2), 155 – 158.

Prihartiningsih, Zubaidah, S., dan Kusairi. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. 1, 1053-1062.

Purnamasari, H., M. Rahayuningsih dan Chasnah. (2012). Kunci Determinasi dan Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Inkuiri Klasifikasi Makhluk Hidup SMP. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(3), 228-235.

Purwanto, S., & Widyaswati dan Nuryati, R. (2019). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) Dalam Mengatasi Kecemasan Dan Stres Pada Anak Sekolah. Brain Gym) Dalam Mengatasi…………, 81–90. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/2068

Puspasari, R. dan T. Suryaningsih. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIE. Journal of Medives. 3(1), 137-152.

Rachmadi, N. A., Muliati, A., & Aeni, N. (2023). The Effectiveness of Flashcards Media Strategy in Improving Young Learners’ Vocabulary. Journal of Excellence in English Language Education, 2(1), 73–81.

Ramlah, Firmansyah, D & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Solusi. 1(3), 68 - 75.

Saswulan, F., K. Hadi dan F. D. Syamsu. (2020). Pengembangan Buku Digital Interaktif (Budin) pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri Meulaboh. Genta Mulia. 11(2), 77-84.

Setiawan, M. A., I. W. Dasna dan S. Marfu’ah. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan. 1(4), 746-751.

Sudrajat, A. (2018). Penerapan Media Story picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Petik. 4(2), 140-148.

Suhaimi, N. (2014). The Effectiveness of Using Flash Card in Teaching Vocabulary. In Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27825

Sukoco, H. & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA.Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 11-24.

Ulandari, R., Syawaluddin, A., & Hartoto. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto Development of Information and Communication Technology (ICT)-Based Flipbook Teaching Materials for Elementary School Student. 2(5), 106–114.

Utomo, S. S. (2020). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Sejarah. Jakarta : C.V. Amerta Media.

Yohana, F. M., Alam, B. P., & Iswari, F. (2020). Storytelling dengan Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Arsitektur. Magenta|Official Journal STMK Trisakti, 4(01), 563–574. https://doi.org/10.61344/magenta.v4i01.53

Yulyatno, N. S., J. Prihatin dan K. Fikri. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Send A-Problem Berbasis BBL untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem. Jurnal Saintifika. 21(1), 23-38.

Zulaini, (2016). Manfaat Senam Otak. Jurnal Universitas Negeri Medan. 15(2), 62-70.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 72 , PDF Downloads: 63