Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi

File ditulis dalam bentuk dokumen word (.doc) atau rich text format (.rtf). Diketik dengan baik dalam satu kolom di atas kertas ukuran A4. Naskah berisi karya asli dan berpotensi berkontribusi pada kemajuan ilmiah.

Judul: Book Antiqua 14, spasi at least 12 pt, kapital, tebal, spacing after 30 pt.

Judul dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, hendaknya lugas dan informatif, lengkap, memuat variabel yang diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah yang diteliti, tidak memuat formula, dan tidak memuat nama instansi tempat penelitian secara khusus.

Nama penulis: Book Antiqua 11, tebal, spasi at least 12 pt.

Nama lengkap ditulis dengan huruf kapital tanpa gelar/gelar akademik. Di akhir nama setiap penulis diberikan nomor urut menggunakan superscript yang merujuk pada afiliasi (kecuali terdapat satu afiliasi untuk semua penulis). Pada akhir nama penulis korespondensi diberikan tanda bintang (*) menggunakan superscript. Penulis korespondensi adalah penulis yang bertanggung jawab untuk proses submission hingga perbaikan artikel.

Nama afiliasi: nama lembaga tempat bekerja. Book Antiqua 11 dengan spasi at least 12 pt, spacing before 0 pt, after 0 pt. Pada bagian depan nama afiliasi diberikan nomor urut menggunakan superscript yang merujuk pada urutan penulis (kecuali terdapat satu afiliasi untuk semua penulis).

e-mail: Book Antiqua 10, spacing after 24 pt. E-mail yang dituliskan hanya untuk penulis korespondensi.

Abstrak: Kapital, Book Antiqua 10, tebal, line spacing at least 12 pt

Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebagai intisari dari keseluruhan artikel. Abstrak termasuk pendahuluan, latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Hal ini ditekankan pada hasil, sedangkan diskusi, saran dan kutipan tidak disertakan.

Kata Kunci: Book Antiqua 10, spacing before 12 pt, after 24 pt

Ditulis dalam versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, terdiri dari tiga sampai lima kata atau frasa tunggal dan dalam urutan abjad.

Pendahuluan:

Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt after 6 pt

Batang tubuh teks: Book Antiqua 11 dengan spasi at least 12 pt, spacing before 0 pt, after 0 pt.

Metode: Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt after 6 pt

Bagian ini menyajikan bagaimana penelitian dilakukan. Waktu dan tempat penelitian dapat disertakan. Kajian teori seharusnya tidak dituliskan di bagian ini. Bagian ini mencakup bagaimana data dikumpulkan, siapa sumber data, dan bagaimana data dianalisis. Bagian ini juga berisi keterangan tentang populasi dan sampel (atau subjek), instrumen pengumpulan data, rancangan penelitian (terutama jika digunakan rancangan yang cukup kompleks seperti rancangan eksperimental), dan teknis analisis data. Untuk penelitian kualitatif perlu ditambahkan uraian mengenai kehadiran peneliti, subjek penelitian dan informan beserta cara menggali data penelitian, lokasi penelitian, dan lama penelitian. Penulisan persamaan atau formula berbentuk rumus menggunakan equation dan diberi nomor urut di sebelah kanannya.

Hasil dan Pembahasan:

Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt, after 6 pt

Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu bagian. Isi dari bagian ini adalah menyajikan hasil secara runtut mulai dari hasil utama sampai hasil pendukung dan dilengkapi dengan pembahasan yang didukung dari kajian referensi serta membandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya. Hasil yang dimaksud adalah hasil analisis data, sedangkan proses analisis data (seperti perhitungan statistik) tidak perlu disajikan. Pembahasan berupa penjelasan terkait hasil analisis data. Tabel 1 dan gambar 1 yang dicantumkan/dirujuk dalam tiap bagian yang terkait. Sangat disarankan agar diskusi difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan penelitian dapat terjadi dan sejauh mana temuan penelitian dapat diterapkan pada masalah lain yang relevan. Pada paragraf terakhir bagian ini dituliskan implikasi hasil penelitian.

Tabel:

Identitas dan judul tabel dituliskan sebelum penyajian tabel. Identitas tabel Book Antiqua 11, tebal, diakhiri tanda titik, spacing before 12 pt, after 6 pt. Kapitalisasi judul tabel hanya untuk huruf pertama kata pertama, kecuali singkatan. Isi tabel Book Antiqua 10, At least 12 pt, spacing before 0 pt, after 0 pt.

Contoh:

Tabel 6. Pendapat guru terkait model pembelajaran yang cocok digunakan pada KD 3.3, KD 3.4 dan KD 3.5.

Tabel terbuka dan diletakkan tepi kiri.

Keterangan tabel: Book Antiqua 11, At least 12 pt, spacing before 0 pt, after 0 pt.

Gambar:

Resolusi gambar minimal 300dpi, disajikan di tengah (center).

Keterangan gambar: Book Antiqua 11 spacing before 6 pt, after 12 pt

Identitas dan judul gambar setelah penyajian gambar, center. Identitas gambar Book Antiqua 11, tebal, diakhiri tanda titik, spacing before 12 pt, after 6 pt. Kapitalisasi judul gambar hanya untuk huruf pertama kata pertama, kecuali singkatan.

Simpulan: Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt, after 6 pt

Simpulan merupakan esensi utama yang diperoleh dari hasil dan pembahasan sesuai dengan tujuan penelitian yang diuraikan di bagian pendahuluan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf/essai, bukan dalam bentuk poin/numerical dengan penyajian data kualitatif.

Ucapan Terima Kasih: Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt, after 6 pt

Ucapan terima kasih ditulis jika penelitian didanai atau disponsori oleh pihak tertentu atau lembaga tertentu. Ataupun kepada pembimbing dan pihak yang dianggap sangat berperan penting dalam penelitian.

Daftar Rujukan: Book Antiqua 11, kapital, tebal, spacing before 12 pt, after 6 pt

Daftar rujukan memuat semua pustaka yang diacu langsung dalam naskah. Penulisannya menggunakan sistem APA (nama, tahun). Seyogianya sekitar 80% dari pustaka yang diacu merupakan sumber acuan primer (jurnal hasil penelitian) dan mutakhir yaitu ±10 tahun terakhir, dan 20% referensi lainnya dapat dikutip dari laporan penelitian dan atau buku. Penulisan daftar rujukan disarankan menggunakan reference manager Mendeley/Endnote/Zotero.

Cara penulisan nama penulis pada daftar rujukan:

Nama keluarga (bila tidak ada, maka nama paling belakang dianggap nama keluarga) ditulis di depan secara lengkap kemudian diikuti singkatan nama depan dan nama tengah. Semua penulis dituliskan dalam daftar rujukan, berturut-turut dari depan ke belakang: penulis ke-1, penulis ke-2, penulis ke-3, dan seterusnya.  

Cara penulisan sitasi:

Penulis yang terdiri atas dua orang ditulis dengan simbol “&” untuk menggantikan kata dan/and. Untuk penulis lebih dari dua, dalam naskah ditulis nama penulis pertama dan diikuti dengan et al.

Contoh penulisan nama penulis:

Shinta Dwi Martika dan Widowati Budijastuti dalam daftar pustaka ditulis: Martika S. D., Budijastuti W. (2018). Dalam naskah ditulis: (Martika & Budijastuti, 2018).

Muji Sri Prastiwi, Badrun Kartowagiran, dan Endang Susantini dalam daftar pustaka ditulis: Prastiwi M. S., Kartowagiran B., Susantini E. (2020). Dalam naskah ditulis: (Prastiwi et al., 2020)

Buku:

Nama penulis. (Tahun). Judul buku. Kota Penerbit: Nama Penerbit.

Hattie, J. (2012). Visible learning for teachers: Maximizing impact on learning. London: Routledge. 

Artikel dalam Jurnal:

Nama penulis. (Tahun). Judul artikel. Nama Jurnal, Volume(Nomor): halaman.

Susantini, E., Sumitro, S. B., Susilo, H., Corebima, A. D. (2018) Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitive Strategy. Asia Pacific Education Review, 19(3): 401-411.

Nama jurnal ditulis sesuai dengan petunjuk pengutipan jurnal masing-masing secara lengkap

Tulisan dari Buku dengan banyak penulis (masing-masing menulis bab yang berbeda):

Nama penulis. (Tahun). Judul bab/tulisan. Halaman dalam/in Nama Editor. Judul Buku. Kota Penerbit: Nama Penerbit.

Eldar, O., Eylon, B., Ronen, M. (2011). A metacognitive teaching strategy for preservice teachers: Collaborative diagnosis of conceptual understanding in science. In Zohar, A. & Dori, Y. J. Metacognition in science education: Trends in current research: Contemporary trends and issues in science education (pp 225-250). New York: Springer

Makalah dalam Pertemuan Ilmiah:

Nama penulis. (Tahun). Judul Makalah. Makalah utama/Makalah. Disampaikan pada Nama Pertemuan Ilmiah, Tempat dan tanggal pelaksanaan.

Ibrahim M. (2019). Peran Pembelajaran Biologi Berbasis kearifan Lokal di Dalam
Menghadapi Era Digitalisasi 4.0. Makalah Utama. Disampaikan pada Seminar Nasional  Pendidikan Biologi, Serang 16 Nopember 2019.

Artikel dari Internet:

Nama penulis. (Tahun). Judul artikel. Alamat Website. Diakses tanggal………….

Gulo S. (2019). Tantangan Pendidikan di Era Revolusi 4.0. https://www.kompasiana.com/. Diakses tanggal 14 Januari 2020.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.