Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112Keywords:
21st Century Skills, Communication, Presentation, Project Based LearningAbstract
Kurikulum Merdeka memusatkan pembelajaran kepada peserta didik agar pembelajaran jadi lebih bermakna. Perkembangan teknologi di abad 21 menjadi tantangan bagi sekolah untuk membekali peserta didik dengan keterampilan abad 21, salah satunya adalah keterampilan berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas XB SMAN 1 Munjungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian dilaksanakan sejak tanggal 10 Oktober 2022 hingga 20 Januari 2023. Subyek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XB SMAN 1 Munjungan. Data diperoleh melalui angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik yaitu pada rentang 91,67%-100%.
References
Andrianto, B. H. I. M. O. (2008). Kecemasan Presentasi ditinjau dari Ketrampilan Komunikasi dan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4c: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 1 Simas eric learning model View project Research-based on Herbs Exploration and Use of Animal Models : Nature Materials Towards Supporting Evidence Based Medicine View project. https://www.researchgate.net/publication/332469989
Downloads
Published
Issue
Section

