Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two-Stay Two-Stray (TSTS) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem

Authors

  • Dede Alisa Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p125-136

Keywords:

berpikir kritis, ekosistem, two-stay two-stray

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan salah satu tuntutan keterampilan 4c. Kemampuan kognitif berpikir kritis diperlukan untuk membuat penilaian dan menarik kesimpulan berdasarkan argumen yang logis dan faktual. Materi ekosistem memiliki cakupan yang sangat luas sehingga diperlukan suatu metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model pembelajaraan kooperatif tipe two-stay two-stray membuat siswa bekerja sama dan berkontribusi menyelesaikan permasalahan, sehingga melatih kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan korelasi antara kegiatan pembelajaran kooperatif TSTS dengan kemampuan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, dan mendeskripsikan respons siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan one group pre-test and post-test design. Sampel pada penelitian ini 72 siswa SMAN 1 Driyorejo yang dilaksanakan pada bulan Maret – April 2023. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata gain-score sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Pembelajaran TSTS dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem berkorelasi secara positif sebesar 0,251. Hasil keterlaksanaan pembelajaran adalah 96% dengan kategori sangat baik, serta respons siswa menunjukan kategori sangat positif sebesar 93,18%.

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., Sumargono. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(02), 91–108.

Afifah, U. N. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2), 156–162.

Agboeze, M. U., Ugwoke, E. O. (2013). Enhancement of Critical Thinking Skills of Vocational and Adult Education Students for Entrepreneurship Development in Nigeria. Journal of Education. 4(17), 568 – 582.

Ali, M. A. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Ekosistem Berbasis Inkuiri untuk Menunjang Kurikulum 2013. Jurnal Bioedu. 1(01), 485 – 489.

Alsaqr, A. M. (2021). Remarks On The Use of Pearson’s and Spearman’s Correlation Coefficients in Assessing Relationships in Ophthalmic Data. AOSIS. Diakses di http://www.avehjournal.org

Amalia, D., Zaini, M., Halang, B. (2022). Kualitas LKPD Elektronik Pada Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 3(01), 12 – 20.

Anas, A., Mujahidin, E. (2022). Implementasi Konsep 4C dalam Pembelajaran pada Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(1), 1–13.

Ardelia, N., Juanengsih, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 1 – 11.

Ariq, M. I. (2021). Validitas E-LKPD "Ekosistem" Berbasis Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedu. 10(3), 562-571.

Arnyana, I. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad ke 21. ejournal UNIBABWI. 1(1), 1 – 13.

Brown, G. (2017). Assessment of Student Achievement 1st Edition. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Dewi, D.P., Mediyani,D., Hidayat, W., Rohaeti, E.E., Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Lingkaran dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI. 2(6), 371.

Diah. (2016). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta: Rineka Cipta.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: The California Academic Press.

Facione, P.A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purpose of Educational Assessment and Instruction. California: California Academic Press.

Jenicek, M. (2006). A Physician’s Self-Paced Guide to Critical Thinking. Chicago: AMA Press.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Diperoleh dari ult.kemdikbud.go.id

Kemendikbud. (2021). 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. Kemendikbudristek. Diperoleh dari ditsmp.Kemendikbud.go.id

Murti, B. (2019). Berpikir kritis. Seri Kuliah Blok Budaya Ilmiah Sirkan. 1(1), 1 – 476.

Nurhasanah, N., Hernawati, D., Ardiansyah, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Konsep Ekosistem. Jurnal Bioterdidik. 9(01): 51- 28.

Overby, K. (2011). Student-Centered Learning. ESSAI. Diperoleh dari http://dc.cod.edu/essai/vol9/iss1/32

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(01), 130 – 141.

Putra, D., Hefni, H., Erningsih, E., (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Tembusai. 6(2), 8913 – 8920.

Sharan, Y. (2017). Cooperative learning for academic and social gains: valued pedagogy, problematic practice. European Journal of Education, 45(2), 300-313.

Sulistyani, L., Siahaan, J., Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice. 2(01), 18 – 23.

Wahab, A., Syahid, A., Junaedi. (2021). Penyajian Data dalam tabel distribusi frekuensi dan aplikasinya pada ilmu pendidikan. Education and Learning Journal. 2(1), 40 – 48.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 156