Cukai Minuman Berpemanis dalam Pembelajaran Biologi : Socio-Scientific Issue dan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • Elok Kenari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Agung Wijaya Subiantoro Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p58-68

Keywords:

pembelajaran biologi, berpikir reflektif, socio-scientific issue, cukai minuman berpemanis

Abstract

Berpikir reflektif termasuk salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran biologi abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis socio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada materi sistem ekskresi dalam konteks isu cukai minuman berpemanis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI salah satu SMA Negeri di wilayah kota Yogyakarta, Provinsi DIY yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol secara cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang dimodifikasi dari Reflective Thinking Questionnaire (RTQ) yang dikembangkan oleh Kember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir reflektif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) > 0,05. Namun pada kelompok eksperimen memberi pengaruh yang besar pada semua level berpikir reflektif dengan nilai effect size 0,311; 0,456 dan 0,320 kecuali pada level understanding dengan nilai effect size 0,074. Kelompok kontrol berpengaruh kecil pada semua level berpikir reflektif dengan nilai effect size 0,012; 0,086 dan 0,089 kecuali pada critical reflective yang berpengaruh sedang dengan nilai effect size 0,218.  Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis SSI berpengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran discovery learning terhadap perubahan atau peningkatan kemampuan berpikir reflektif pada semua level kecuali level understanding.

References

Antonio, R. P. (2020). Developing Students’ Reflective Thinking Skills in a Metacognitive and Argument-Driven Learning Environment. International Journal of Research in Education and Science, 6(3), 467–483.

Anwar, A., Sofiyan, S. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematis. Jurnal Numeracy, 5(0), 91–101.

Azizah, K. N. (2022). Ramai-ramai Serukan Cukai Minuman Manis gegara Somasi Es Teh Kekinian. DetikHealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6313817/.

Başol, G., Gencel, I. E. (2013). Reflective Thinking Scale: a Validity and Reliability Study. Educational Sciences: Theory & Practice, 13(2), 941–946.

Bossér, U., Lindahl, M. (2019). Students ’ Positioning in the Classroom : a Study of Teacher-Student Interactions in a Socioscientific Issue Context. Research in Science Education, 49(3), 371–390.

CISDI. (2022). Ringkasan Kebijakan : Urgensi Implementasi Kebijakan Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan (MBDK) di Indonesia. In Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis For The Behavioral Sciences (2nd Edition). Lawrence Erlbaum Associates.

Elpita, M., Irwandi. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif dengan Mengunakan Model PBL Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kepahiang. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI, 1–5.

Hamzah, B., Solfarina., Delviana. (2020). Mapping of Reflective Thinking Levels and Basic Thinking Ability of Students in Learning Sains at SMP Negeri 30 Sigi. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 4(1), 53–60.

Kember, D., Leung, D. Y. P., Jones, A., Loke, A. Y., McKay, J., Sinclair, K., Tse, H., Webb, C., Wong, F. K. Y., Wong, M., Yeung, E. (2000). Development of a questionnaire to measure the level of reflective thinking. Assessment and Evaluation in Higher Education, 25(4), 381–395.

Kember, D., Mckay, J., Sinclair, K., Kam Y.W, F. (2008). a Four-Category Scheme for Coding and Assessing The Level of Reflection in Written Work. Assessment and Evaluation in Higher Education, 33(4), 369–379.

Kurniasari, I., Fauziah, H. N. (2022). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 272–282.

Lee, H., Yoo, J., Choi, K., Kim, S. W., Krajcik, J., Herman, B. C., Zeidler, D. L. (2013). Socioscientific Issues as a Vehicle for Promoting Character and Values for Global Citizens. International Journal of Science Education, 35(12), 2079–2113.

Masamah, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuanawal Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 1–18.

Ningrum, V. D. A., Ikawati, Z., Sadewa, A. H., Ikhsan, M. R. (2017). Kontrol Glikemik dan Prevalensi Gagal Ginjal Kronik pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Wilayah Provinsi DIY Tahun 2015. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 6(2), 78–90.

Pratiwi, S. N., Cari, C., Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Presley, M. L., Sickel, A. J., Muslu, N., Merle-Johnson, D., Witzig, S. B., Izci, K., Sadler, T. D. (2013). A Framework for Socio-Scientific Issues Based Education. Science Educator, 22(1), 26–32.

Prisila, I. P., Hernawati, D., Ali, M. (2021). Korelasi Kemampuan Berpikir Reflektif Terhadap Self-Confidence. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 1–8.

Putri, A. S., Mampouw, H. L. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34–46.

Recede, R. A. A., Capati, A. T., Yangco, R. T., Castro, M. A. (2020). Metacognitive Analogy Instruction: Effects on Student’s Reflective Thinking in Learning Biology. Jurnal Pendidikan Mipa, 21(1), 12–21. https://eric.ed.gov/?id=EJ1017318

Rogers, R. R. (2001). Reflection in Higher Education: a Concept Analysis. Innovative Higher Education, 26(1), 37–57.

Sadler, T. (2011). Socio-scientific Issues in the Classroom Teaching, Learning and Research : Situating Socio-scientific Issues in Classrooms as a Means of Achieving Goals of Science Education. Springer.

Sadler, T. D. (2004). Informal reasoning regarding socioscientific issues: a Critical Review of Research. Journal of Research in Science Teaching, 41(5), 513–536.

Subiantoro, A. W. (2017). Pembelajaran Biologi Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) untuk Mengasah Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Iain Syekh Nurjati, 1–11.

Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129–138.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 298 , PDF Downloads: 196