Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124Keywords:
keefektifan, e-book, interaktif, enzim, literasi digitalAbstract
Keterampilan abad ke-21 mewajibkan siswa untuk memiliki kemampuan literasi digital agar dapat bersaing di era global. Literasi digital merupakan kemahiran dalam menggunakan media digital untuk menganalisis informasi yang valid. Enzim termasuk salah satu materi yang sulit karena memuat istilah sulit dan konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-book interaktif yang efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital yang dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Keefektifan e-book berdasarkan hasil tes kemampuan literasi digital dan respons siswa. E-book diuji cobakan secara terbatas di SMA Labschool Unesa pada 25 siswa kelas XII-IPA 1. E-book dinyatakan efektif dengan presentase kemampuan literasi digital ? 71% dan respons positif siswa ? 75%. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan e-book terbukti efektif dengan kemampuan literasi digital 96% dan respons siswa sebesar 98,97%. Dengan demikian, e-book interaktif enzim yang dikembangkan efektif dan dapat diimplementasikan untuk melatihkan kemampuan literasi digital siswa.
References
Alt, D., & Raichel, N. (2020). Enhancing Perceived Digital Literacy Skills and Creative Self-Concept Through Gamified Learning Environments: Insights from a Longitudinal Study. International Journal of Educational Research, 101, 101561.
Gilster, P. 1997. Digital Literacy. New York: Willey.
Hague, C dan Payton, S. 2010. Digital Literacy Across the Curriculum. Bristol: Futurelab.
Hasliyah, S. 2021. "Analisis Kompetensi Literasi Digital Siswa pada Mata Pelajaran Biologi". Skripsi. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Idrus, R. 2021. "Pengaruh Penggunaan E-book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa". Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar Pedidikan.
Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. (Online), https://www.kemdikbud.go.id/ main/bog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkankualitas (Diakses pada 11 Agustus 2022).
Kominfo. 2020. Indeks Literasi Digital Indonesia 3.49, Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah. (Online), https://aptika.kominfo.go.id/2022/03/indeks-literasi-digital-indonesia-3-49-ini-yang-bisa-dilakukan-pemerintah/ (Diakses pada 1 Februari 2023).
Kusuma, T. P., & Aprianti, R. (2021). Profil Kemampuan Literasi Digital Kelas X, Xi Dan Xii Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tasikmalaya. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 39.
Nurjanah, E., Rusmana, A. dan Yanto, A. 2017. "Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E-Resources". Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 117-140.
Putri, I. D. T., & Ambarwati, R. (2019). An Effort in Teaching Invertebrates and Training Digital Literacy to the Students. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1).
Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Era Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(2), 31.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200.
Siti, A. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA. EDUNET-The Journal of Humanities and Applied. 1(2).
Sopani, I. (2022). Literasi Digital dalam Menghadapi Hoaks di Masa Pandemi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 36.
Sonia & Yuliani. (2023). Validitas dan Keterbacaan E-Book Interaktif Enzim Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12 (3).
Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Yu, Z. (2022). Sustaining Student Roles, Digital Literacy, Learning Achievements, and Motivation in Online Learning Environments during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(8).
Downloads
Published
Issue
Section

