Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital

Authors

  • Shela Sonia Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124

Keywords:

keefektifan, e-book, interaktif, enzim, literasi digital

Abstract

Keterampilan abad ke-21 mewajibkan siswa untuk memiliki kemampuan literasi digital agar dapat bersaing di era global. Literasi digital merupakan kemahiran dalam menggunakan media digital untuk menganalisis informasi yang valid. Enzim termasuk salah satu materi yang sulit karena memuat istilah sulit dan konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-book interaktif yang efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital yang dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Keefektifan e-book berdasarkan hasil tes kemampuan literasi digital dan respons siswa. E-book diuji cobakan secara terbatas di SMA Labschool Unesa pada 25 siswa kelas XII-IPA 1. E-book dinyatakan efektif dengan presentase kemampuan literasi digital ≥ 71% dan respons positif siswa ≥ 75%. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan e-book terbukti efektif dengan kemampuan literasi digital 96% dan respons siswa sebesar 98,97%. Dengan demikian, e-book interaktif enzim yang dikembangkan efektif dan dapat diimplementasikan untuk melatihkan kemampuan literasi digital siswa.

References

Alt, D., & Raichel, N. (2020). Enhancing Perceived Digital Literacy Skills and Creative Self-Concept Through Gamified Learning Environments: Insights from a Longitudinal Study. International Journal of Educational Research, 101, 101561.

Ashari, M., & Idris, N. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Generasi Digital Native. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1355–1362.

Fahrezi, G., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. Educatio, 16(1), 58–70.

Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2011). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark International. Pengabdian Pada Masyarakat, 307–314.

Gilster, P. 1997. Digital Literacy. New York: Willey.

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10.

Hague, C dan Payton, S. 2010. Digital Literacy Across the Curriculum. Bristol: Futurelab.

Hasliyah, S. 2021. "Analisis Kompetensi Literasi Digital Siswa pada Mata Pelajaran Biologi". Skripsi. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Idrus, R. 2021. "Pengaruh Penggunaan E-book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa". Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar Pedidikan.

Jan, S. (2018). Gender, School and Class Wise Differences in Level of Digital Literacy among Secondary School Students in Pakistan. Issues and Trends in Educational Technology, 6(1), 15–27.

Kemdikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. (Online), https://www.kemdikbud.go.id/ main/bog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkankualitas (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Kominfo. 2020. Indeks Literasi Digital Indonesia 3.49, Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah. (Online), https://aptika.kominfo.go.id/2022/03/indeks-literasi-digital-indonesia-3-49-ini-yang-bisa-dilakukan-pemerintah/ (Diakses pada 1 Februari 2023).

Kusuma, T. P., & Aprianti, R. (2021). Profil Kemampuan Literasi Digital Kelas X, Xi Dan Xii Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tasikmalaya. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 39.

Lim, B. C. Y., Liu, L. W. L., & Choo, C. H. (2020). Investigating the Effects of Interactive E-Book towards Academic Achievement. Asian Journal of University Education, 16(3), 78–88.

Nurjanah, E., Rusmana, A. dan Yanto, A. 2017. "Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E-Resources". Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 117-140.

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2021). Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan RaYA. Bionatural, 8, 26–34.

Pambudi, M. A., & Windasari. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 636–646.

Prameswari, J., Praherdhiono, H., & Husna, A. (2023). E-Book Berbasis Elaborasi Gambar Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 423–434.

Pratama, F. R., Komariah, N., & Rodiah, S. (2023). Hubungan antara Kemampuan Literasi Digital dengan Pencegahan Berita Hoaks di Kalangan Mahasiswa. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(3), 165–184.

Putri, I. D. T., & Ambarwati, R. (2019). An Effort in Teaching Invertebrates and Training Digital Literacy to the Students. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1).

Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Era Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(2), 31.

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 1(1), 1–12.

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200.

Siti, A. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA. EDUNET-The Journal of Humanities and Applied. 1(2).

Sopani, I. (2022). Literasi Digital dalam Menghadapi Hoaks di Masa Pandemi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 36.

Sonia & Yuliani. (2023). Validitas dan Keterbacaan E-Book Interaktif Enzim Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12 (3).

Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4c dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125–142.

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581.

Syahputra, E. (2018). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1(2), 1276–1283.

Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2): 20–30.

Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.

Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Yu, Z. (2022). Sustaining Student Roles, Digital Literacy, Learning Achievements, and Motivation in Online Learning Environments during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(8).

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 339 , PDF Downloads: 250