Validitas E-LKPD Iinteraktif Berbasis Collabotarive Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Selly Adinda Mustika Murti Universitas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p22-32

Keywords:

Berpikir Kritis, Collaborative Learning, E-LKPD , Pertumbuhan dan Perkembangan

Abstract

Berpikir kritis merupakan berpikir dengan menginterpretasi, menganalisis, menyimpulkan, mengevaluasi, dan mengeksplanasi suatu permasalahan. Keterampilan ini dapat dilatihkan melalui model pembelajaran collaborative learning. Dalam implementasi model pembelajaran dapat melalui pengembangan E-LKPD interaktif. Oleh karena itu, E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning perlu untuk dikembangkan guna memenuhi kemampuan literasi digital serta melatih keterampilan berpikir kritis melalui penyajian permasalahan dengan pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak dan ditinjau dari validitas E-LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang diperoleh berupa validitas ditinjau berdasarkan komponen syarat konstruksi, syarat teknis, dan syarat didaktik oleh ahli pendidikan dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD sangat valid untuk melatihkan keterampilan berpikir peserta didik melalui pembelajaran yang berbasis collaborative learning yang diperoleh rata-rata keseluruhan 96,91% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran serta diuji cobakan pada peserta didik.  

References

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Education Science, 5(1): 91–107.

Barkley, E. F., Cross, K.P., Major, C. H. (2014). Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. Hoboken, NJ: John Wiley dan Sons.

Depdiknas. (2014). Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Mia Roosmalisa, Mudakir, Imam, Murdiyah, Siti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2): 29–33.

Facione. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons and The California Academic Press.

Farkhati, Arum. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Journal of Chemistry In Education, 8(2): 1–5.

Firdaus, Muhammad dan Wilujeng, Insih. 2018. “Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 4(1): hal. 26–40.

Hernawan, Asep Herry, Susilana, Rudi, Julaeha, Siti, dan Sanjaya, Wina. 2012. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

IMD World Digital. (2020). IMD World Digital Competitiveness Ranking 2020. In IMD World Competitiveness Center. (https://www.imd.org/globalassets/wcc/docs/release-2020/digital/digital_2020.pdf, diakses pada 26 Januari 2023.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lensiana. (2017). Implementasi Pelatihan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(2): 130–137.

Nuraida, Dede. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1): 51–52.

Permana, F., Chamisijatin, L. (2019). Project-based learning through edmodo: improving critical thinking and histology concepts. Biosfer Journal, 12(1): 58–69.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rafidah, Humaimah Nakhlah, Rachmadiarti, Fida. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning Pada Submateri Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(2): 418–433.

Rahayu, Erna, Isnawati. (2019). Validitas Buku Ajar berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2): 270–276.

Ramadhana, Rizky, Hadi, Abdul. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1): 380–389.

Riduwan. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rifai, Achmad, Anni, Catharina Tri. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Rofiah, Khofidhotur, Masriyah. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (3): 550-556.

Rohaeti, Eli, Widjajanti, Endang, Padmaningrum, Regina Tutik. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1): 1–11.

Saputra, Hardika. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Jurnal IAI Agus Salim, 2(2): 1–7.

Saputra, Riko. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Debat terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi diterbitkan. Inderelaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sungkono. (2003). Pengembangan dan Pemamfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelejaran. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryaningsih, Siti, Nurlita, Riska. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7): 1256–1268.

Teresa, Tuti, Raudhatul F. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Berbasis Liveworksheet Materi Konsep Mol Pada Siswa Kelas X Mipa Man 3 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 10(1): 13–19.

Zahroh, Dwi Aulia, Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3): 605–616.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 103 , PDF Downloads: 104