Perancangan Flipbook Berbasis Augmented Reality Tentang Molecular Docking

Authors

  • Fauziyatul Iffah Universitas Negeri Surabaya
  • Faiq Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
  • Aulia Rahma Syita Universitas Negeri Surabaya
  • Erlix Rakhmad Purnama Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p33-42

Keywords:

Augmented reality, Flipbook, Molecular docking

Abstract

Metode molecular docking penting dipelajari oleh mahasiswa dan calon peneliti di bidang kesehatan maupun biologi untuk menunjang pembelajaran dan perkembangan penelitian. Tantangan tersendiri bagi pendidik untuk mengembangkan bahan ajar agar mahasiswa mudah memahami molecular docking yang bersifat abstrak.  Tujuan penelitian ini adalah mendesain bahan ajar flipbook berbasis augmented reality tentang molecular docking yang dapat digunakan mahasiswa dan calon peneliti. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif kualitatif, karena terbatas mendesain bahan ajar dan data disajikan secara kualitatif. Penelitian diawali dengan kegiatan menetapkan permasalahan dasar sebagai acuan untuk desain produk dan identifikasi tugas. Kegiatan berikutnya adalah kegiatan merancang flipbook berbasis augmented reality. Hasil penelitian berupa rancangan bahan ajar flipbook berbasis augmented reality tentang molecular docking berisi teori dan panduan molecular docking terhadap senyawa quercetin daun tanaman kencana ungu pada reseptor protein target SGLT2 (kode PDB: 7VSI) sebagai kandidat antidiabates tipe 2 yang dikemas menarik dengan penambahan fitur games sederhana yang tertaut internet sebagai sarana latihan soal.

References

Assemblr. (2018). Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR.Bandung: Google Play.

Diani, R., Hartati, N., S. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional Flipbook Based On Islamic Literacy. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2): 234–244.

Cheng, K. H., & Tsai, C. C. (2013). Affordances of augmented reality in science learning: Suggestions for future research. Journal of Science Education and Technology, 22, 449–462.

Hung, Y.-H., Chen, C.-H., Huang, S.-W. (2016). Applying augmented reality to enhance learning: a study of different teaching materials. Journal of Computer Assisted Learning, (), –. doi:10.1111/jcal.12173.

Indra, Z., Firdaus, M., Arifin, K. (2022). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Karismatika, 8(1): 74-78.

Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1): 26-40.

Leymarie, F. F., Latham, W., Salimbeni, G., Islam, S.A., Reynolds, C., Cook, C., Suarez, L. A., Leinfellner, R., Sternberg, M. J. E., (2022). Bioblox 2.5D — Developing an Educational Game Based on Protein Docking. arXiv:2204.12425 Cornell University.

Muhammad, D., Wardhono, W., S., Afirianto, T. (2018). Analisis Penerapan Markerless Augmented Reality pada Video Game Memancing dengan Pendekatan Simultaneous Localization and Mapping (SLAM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12): 7083-7087.

Mustaqim, I., Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1): 36-48.

Pratama, A. A., Rifai, Y., Marzuki, A. (2017). Docking Molekuler Senyawa 5,5’-Dibromometil Sesamin. Majalah Farmasi dan Farmakologi, 21(3), 67–69.

Pratiwi, R. D., Pratiwi, R. H., Noer, S. (2018). Peningkatan Kompentensi Guru Biologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bioinformatika. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2): 153-160.

Prihatiningtyas, S. , Husna, A.L., Darmawan, M. F. (2023). Transformasi Buku Ajar Elektronik: Rekonstruksimenggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alatoptik. Makalah. Seminar Nasional Pendidikan IPA Dan Matematika, Universitas Negeri Malang, 8 Juli 2023

Rustika, C. (2016). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muntahanah, Toyib, R., Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi kasus PT Jashando Han Saputra). Jurnal Pseudocode, 4(1): 81-89.

Watin, E., Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-Book Dengan Flip PDF Professional Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Prosiding. Seminar Nasional Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya, 25 November 2017.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 36