Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Kelas Reptilia untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Keterampilan Kinerja Siswa SMA

Authors

  • Muhammad Khalidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Kaspul Kaspul Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p12-21

Keywords:

berpikir kritis , penelitian pengembangan , LKPD-e , kinerja siswa , reptilia

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan bagian kemampuan kognitif. Salah satu cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menggunakan LKPD-e. Lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan pemahaman dan pengalaman tentang pembelajaran karena LKPD-e yang dikembangkan memuat inkuiri ilmiah, sehingga keterampilan kinerja peserta didik akan terasah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD-e. Metode penelitian menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer, melalui tahapan 1) self evaluation; 2) expert review; 3) one to one evaluation; dan 4) small group evaluation. Subjek uji pakar terdiri dari 2 dosen pembimbing dan 1 guru biologi jenjang SMA, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang peserta didik kelas X SMA. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas LKPD-e memiliki kategori valid berkisar 3.11 hingga 3.78; 2) kepraktisan dinyatakan memiliki kategori baik dan sangat baik berkisar antara 3.33 hingga 4, dan kepraktisan harapan dinyatakan memiliki kategori sangat baik;  3) Keefektifan harapan LKPD-e diperoleh hasil berkisar antara 72% hingga 100% dengan kategori baik dan sangat baik, dan keterampilan kinerja peserta didik mendapatkan kategori sangat baik.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks 2013 . Bandung: Refika Aditama.

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.

Hairiani, Kaspul, & Zaini, M. (2016). Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Konsep Sistem Sirkulasi Melalui Penelitian Pengembangan Lembar Kerja Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah ULM, Banjarmasin. 2 (1), 719-724.

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Jakarta : Kementrian Pendidikandan Kebudayaan.

Mardhatillah, A., Zaini, M., & Putra, A. P. (2020). Development of Worksheets for Biology High School Student-Based On Critical Thingking Skills on the Concept of Biodiversity. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2 (1), 31-35.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.Ansori, A. Z. (2016). Teknik Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Biologi di Tingkat Madrasah Aliyah. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 10 (4), 347–358.

Rahimah, W., Zaini, M., & Halang, B. (2020). Development of Biology Worksheet for High School Students Based on Critical Thinking Skills on the Motion Systems Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2 (2), 100-105.

Wulan, A.R. (2015). Penilaian Kinerja dan Portopolio Pada Pembelajaran Biologi. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 102