Profil Kesiapan Laboratorium Biologi untuk Mendukung Kerja Praktik Siswa di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p69-79Keywords:
Laboratorium sains, Sarana Prasarana, Profil kesiapanAbstract
Kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran ditentukan oleh karakteristik mata pelajaran yang dimiliki IPA/Biologi. Mata pelajaran IPA/Biologi membutuhkan laboratorium. Fungsi laboratorium memainkan peran penting dalam kegiatan praktikum, praktikum dapat berjalan lancar apabila peralatannya tersedia dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesiapan laboratorium Biologi untuk mendukung kerja praktik siswa di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2022 di MA Al-Ikhwan Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dengan indikator (1) Perabotan, (2) Peralatan Pendidikan, (3) Media Pendidik, (4) Bahan Habis Pakai, dan (5) Perlengkapan lain. Selain itu, terdapat angket dan pedoman wawancara dengan indikator (1) Desain Ruangan Laboraturium, (2) Administrasi Laboraturium, (3) Fasilitas Pendukung, (4) Penyimpanan Alat & bahan. Koleksi data dilengkapi dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi laboratorium Biologi di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru termasuk kategori sangat lengkap dengan persentase 80,75%. Hal ini juga didukung dengan tanggapan guru dengan kategori sangat sesuai (92,5%) dan tanggapan siswa dengan kategori sangat sesuai (84,19%). Dengan demikian kesiapan laboratorium Biologi di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru dapat mendukung kerja praktik siswa.
References
Adilah, M., Setiadi, A. E., Kahar, A. P. (2021). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Pontianak (The Analysis of Standardization of Biology Laboratory at Senior High School in Pontianak). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 21(2), 195.
Fatmawati, N., Mappincara, A., Habibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 118.
Mukra, R., Silitonga, M., Restuati, M. (2020). Analysis on facilities and intensity of utilization of biology laboratories in four state schools in medan. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1).
PERMENPAN RB Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Siyoto, S., dan M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). Literasi Media Publikasi.
Downloads
Published
Issue
Section

