Profil Kesiapan Laboratorium Biologi untuk Mendukung Kerja Praktik Siswa di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru

Authors

  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau
  • Lismayani Fauziyah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p69-79

Keywords:

Laboratorium sains, Sarana Prasarana, Profil kesiapan

Abstract

Kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran ditentukan oleh karakteristik mata pelajaran yang dimiliki IPA/Biologi. Mata pelajaran IPA/Biologi membutuhkan laboratorium. Fungsi laboratorium memainkan peran penting dalam kegiatan praktikum, praktikum dapat berjalan lancar apabila peralatannya tersedia dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesiapan laboratorium Biologi untuk mendukung kerja praktik siswa di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2022 di MA Al-Ikhwan Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dengan indikator (1) Perabotan, (2) Peralatan Pendidikan, (3) Media Pendidik, (4) Bahan Habis Pakai, dan (5) Perlengkapan lain. Selain itu, terdapat angket dan pedoman wawancara dengan indikator (1) Desain Ruangan Laboraturium, (2) Administrasi Laboraturium, (3) Fasilitas Pendukung, (4) Penyimpanan Alat & bahan. Koleksi data dilengkapi dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi laboratorium Biologi di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru termasuk kategori sangat lengkap dengan persentase 80,75%. Hal ini juga didukung dengan tanggapan guru dengan kategori sangat sesuai (92,5%) dan tanggapan siswa dengan kategori sangat sesuai (84,19%). Dengan demikian kesiapan laboratorium Biologi di MA Al-Ikhwan Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru dapat mendukung kerja praktik siswa.

References

Adilah, M., Setiadi, A. E., Kahar, A. P. (2021). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Pontianak (The Analysis of Standardization of Biology Laboratory at Senior High School in Pontianak). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 21(2), 195.

Agustina, P., Saputra, A., Qonitat, L. M., Utami, R. D. (2017). Kesesuaian Laboratorium Biologi sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah se-Surakarta dengan Standar Laboratorium Biologi. 14, 559–564.

Alam, P. P. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum, Kelengkapan, dan Pengelolaan Laboratorium Fisika MA di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan BUM, 3(1), 1–9.

Candra, R., Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37.

Faiqoh, N., , Nadhirotul Khasanah, L. P. A., Prayitno, R., Prayitno, B. A. (2018). Jurnal Pendidikan Biologi. Kesiapan Laboratorium Biologi Untuk Mendukung Kerja Praktek di SMA Negeri Se-Kabupaten Tegal, 7(3), 174–182.

Fatmawati, N., Mappincara, A., Habibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 118.

Fauzia, D. S., Mukhaiyar, R. (2022). Konsep Administrasi Laboratorium Pendidikan Teknologi Kejuruan di Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. 03(02), 2–5.

Harahap, F., Nurliza., Nasution, N. E. A. (2020). Jurnal Pelita Pendidikan. Pemanfaatan Profil Laboratorium Ilmu Pengetahuan dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Silangkitang, 8(1), 52–61.

Hayati, A., Sumarsih, S. (2020). Evaluasi Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA di Sekolah Model SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(2), 60–67.

Indrawan, I., Reny Safita, D. N., Mahdayeni, Elsha, R. Y., Ita Tryas Nur Rochbani, A., Jaya, E. P., Syafitri, Rita, Try Susanti, Maryani, E. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.

Indriastuti , Lina H, P. W. (2012). Kesiapan Laboratorium Biologi dalam Menunjang Kegiatan Praktikum SMA Negeri di Kabupaten Brebes. Journal of Biology Education, 1(3), 109–115.

Jufriyah, J., Mar’ah, I., Isharyudono, K. (2009). Pemeliharaan dan Penyimpanan Peralatan Laboratorium Kimia. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(1), 26.

Lase, N. K. (2021). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli Tentang Peralatan Laboratorium Dan Fungsinya. J. Pendidikan MINDA, 2(2), 104–115.

Mukra, R., Silitonga, M., Restuati, M. (2020). Analysis on facilities and intensity of utilization of biology laboratories in four state schools in medan. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1).

Muliana, M., Wahyuni, S., Erwing, E. (2021). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPAMelalui Kegiatan Praktikum di SMP Negeri 4 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 387–393.

Munarti, M., Sutjihati, S. (2018). Standar Sarana Prasarana Laboratorium Ipa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Bogor. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 56–62.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.

PERMENPAN RB Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Prastyawan 1. Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 33–46.

Rahman, M. S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium IPA Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 di SMPN 4 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 1–12.

Simanjuntak, R., Fauziah, Y., Arnentis. (2014). Profile Management of Biological Laboratories in Supporting Learning Activities in Senior High School ( SMA ) Pekanbaru State Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri Pekanbaru. 2(2), 1–14.

Siyoto, S., dan M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). Literasi Media Publikasi.

Sutiarso, S. (2015). Optimalisasi Penggunaan Papan Tulis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Syria Studies, 7(1), 37–72. Online Artikel_Sugeng Sutiarso_Semnas 2020.pdf (unila.ac.id).

Trisianawati, E., Fitria, K. (2020). Analisis Kelengkapan Alat dan Bahan Laboratorium IPA Sekolah di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 66–72.

Yohana., Agustina, P. (2018). Kualitas Laboratorium Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek III, 521–525.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 333 , PDF Downloads: 319