Tipe Model pada Buku Ajar IPA Sebagai Terjemahan Representasi Eksplanasi Ilmiah Menjadi Eksplanasi Pedagogi

Authors

  • Eka Nurafina Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • M. Anas Dzakiy Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p43-52

Keywords:

Eksplanasi Ilmiah, Eksplanasi Pedagogi, Nature of Models (NoM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tipe Model Pada Buku Ajar IPA Sebagai Terjemahan Representasi Eksplanasi Ilmiah Menjadi Eksplanasi Pedagogi. Subyek penelitian berupa buku IPA Kelas VII Semester gasal terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe Nature of Models (NoM) merupakan multirepresentasi ideal  eksplanasi pedagogi hasil eksplanasi ilmiah dalam bentuk visual, teoritis, matematika, dan ikon simbolik.  Tipe model NoM sangat bervariasi. Tipe model yang paling dominan ditemukan pada tipe model pedagogi analogi sebanyak 123 atau 44,2 % sedangkan yang paling sedikit ditemukan pada tipe model ikon simbolik sebanyak 6 atau 2,1% dari 278 model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tipe model terjemahan eksplanasi pedagogi hasil eksplanai ilmiah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sains. Informasi yang disampaikan menjadi lebih accessable dan teachable.

References

Afifah, Y. N., & Putra, B. C. (2018). Model Matematika Aliran Tak Tunak Pada Nano Fluid Melewati Bola Teriris Dengan Pengaruh Medan Magnet. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(2): 119-124. https://doi.org/10.51804/tesj.v2i2.274.119-124

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1):35-45. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99

Gilbert. (2004) Models and modeling: Routes to more authentic science education. International Journal of Science and Mathematics Education, 2 (2004): 115-130

Kilic, M., Cakmak, M. (2013). Concept Maps As a Tool for Meaningful Learning and Teaching in Chemistry Education. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4): 152-164.

Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Mental health nursing is stretched to breaking point. Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 30(25): 33. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40

Purwianingsih, M. W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, M. S. (2010). Pengetahuan Konten Pedagogi (Pck) Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(2): 87-94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i2.285

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Mimbar:Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1): 1-14.

Roshayanti, F. (2002). Analisis Fungsi Representasi Materi Subjek Respirasi Sel pada Buku Teks Biologi Umum terhadap Materi Subjek Metabolisme pada Buku Teks Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Saddam, D., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Penggunaan Peta Konsep dan diagram vee untuk meingkatkan attitude toward chemistry. Chemistry in Education, 2(2): 172-177.

Sholihah, R., Fenny, R., & Ipah, M. (2019). Multipel representasi tipe nature of models (NoM) dalam buku ajar biologi kelas XI semester 1. Makalah. Symposium of Biology Education (Symbion). 2. 10.26555/symbion.3545

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks pelajaran. Bandung: PT. Remaja Resdakarya Offset.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 184 , PDF Downloads: 252