Pengaruh Financial Literacy, Lifestyle, Konformitas, Money Attitude, dan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Penggemar Korean Wave di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.vn.p550-564Kata Kunci:
financial literacy, lifestyle, konformitas, money attitude, e-moneyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara financial literacy, lifestyle, konformitas, money attitude, dan e-money terhadap perilaku konsumtif. Objek pada penelitian ini merupakan generasi Z penggemar Korean Wave di Kota Surabaya dan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Dengan mendistribusikan kuesioner didapat sampel sejumlah 209 generasi Z penggemar Korean Wave di Kota Surabaya yang terpilih sebagai responden pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas konklusif dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) pada software AMOS versi 24. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa lifestyle, konformitas, money attitude, dan e-money berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan, financial literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini diharapkan dapat membantu berbagai pihak menyadari pentingnya pengendalian diri dalam memandang dan menyikapi uang dan lingkungan sosial sekitar agar tidak mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman yang semakin mengubah gaya hidup sehingga dapat mengambil keputusan keuangan yang rasional terutama untuk generasi Z penggemar Korean Wave di Kota Surabaya.
Referensi
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (Second). Poland: McGraw-Hill Education.
Bank Indonesia. (2018). Peraturan Bank Indonesia No. 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik. Retrieved September 16, 2022, from Bank Indonesia website: https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/PBI-200618.aspx
BPS. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020 Kota Surabaya. Retrieved August 5, 2022, from https://surabayakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/29/225/hasil-sensus-penduduk-2020-kota-surabaya.html
ekon.go.id. (2022, August 25). Kedepankan Inovasi, Penerapan Teknologi Digital Terus Diakselerasi Ditengah Dunia yang Berubah Sangat Cepat. Retrieved August 7, 2022, from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4472/kedepankan-inovasi-penerapan-teknologi-digital-terus-diakselerasi-ditengah-dunia-yang-berubah-sangat-cepat
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1). https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14
Katadata.co.id. (2021, June 2). Survei KIC: Generasi Z Makin Banyak Adopsi Layanan Digital Kala Pandemi. Retrieved December 18, 2022, from Katadata Insight Center website: https://katadata.co.id/pingitaria/digital/60b77e0be885b/survei-kicgenerasi-z-makin-banyak-adopsi-layanan-digital-kala-pandemi
Kiesler, C. A., & Kiesler, S. (1969). Conformity (Vol. 10). Canada: Addison Wesley Publishing Company.
Kim, Y. J. (2022, January 27). #KpopTwitter Reaches New Heights with 7.8 Billion Global Tweets. Retrieved December 15, 2022, from Twitter website: https://blog.twitter.com/en_us/topics/insights/2022/-kpoptwitter-reaches-new-heights-with-7-8-billion-global-tweets
kominfo.go.id. (2021, December 25). Perkuat Ekonomi Digital Perdesaaan, Kominfo Dorong Inovasi dan Kemitraan Layanan E-Commerce dan Logistik. Retrieved August 14, 2022, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/38990/siaran-pers-no-468hmkominfo122021-tentang-perkuat-ekonomi-digital-perdesaaan-kominfo-dorong-inovasi-dan-kemitraan-layanan-e-commerce-dan-logistik/0/siaran_pers
kompasiana.com. (2022, September 21). Era Digitalisasi: Pengaruhnya Terhadap Karakteristik dan Perilaku Generasi Muda Indonesia. Retrieved August 14, 2022, from https://www.kompasiana.com/vincadiak/6329f9784addee543f7df8d2/era-digitalisasi-pengaruhnya-terhadap-karakteristik-dan-perilaku-generasi-muda-indonesia?page=all
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Analyzing Consumer Markets. In S. Wall, M. Gaffney, E. Adams, S. Ukil, & B. Surette (Eds.), Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education, Inc.
mediaindonesia.com. (2021). Peran Generasi Z di Era Ekonomi Digital. Retrieved October 21, 2022, from https://epaper.mediaindonesia.com/detail/peran-generasi-z-di-era-ekonomi-digital
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Myers, D. G. (2010). Social Psychology (10th ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education.
OJK. SE Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan. , (2017). Indonesia.
PSKP. (2021, February 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Retrieved August 14, 2022, from https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Kedua, Vol. 3). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 4160
,
PDF Downloads: 4470







