ANALISIS FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR ANAK MUDA PENGGEMAR BUDAYA KOREA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v10n3.p793-805Kata Kunci:
financial experience, financial management behavior, financial self-efficacy, financial socialization, locus of controlAbstrak
Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk perekonomian korea selatan karena minat masyarakat indonesia terhadap budaya Korea sangat besar dan anak muda penggemar budaya korea terutama musik korea tidak takut mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun kemudian diketahui bahwa kondisi financial anak muda di Indonesia tergolong tidak sehat karena banyak anak muda yang masih belum paham bagaimana cara mengelola keuangan yang benar. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba menguji apakah financial socialization, financial experience, financial self-efficacy dan locus of control berpengaruh terhadap financial management behavior anak muda penggemar budaya Korea di Indonesia. Penelitian berfokus pada anak muda dengan rentang usia 18-30 tahun dan merupakan anggota dari suatu fanclub penggemar musik korea. Sampel yang digunakan sebesar 368 sempel dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan non-probability sampling. Desain pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Data penelitian diperoleh melalui kuisioner yang disebar secara online. Teknik analisis datanya menggunakan Regresi Linear Berganda dan menggunakan alat uji software SPSS 25. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa financial socialization, financial experience, financial self-efficacy dan locus of control berpengaruh dan memiliki peran penting terhadap financial management behavior anak muda penggemar budaya Korea di Indonesia. Sehingga anak muda Indonesia diharapkan dapat meningkatkan dan memperhatikan ke empat faktor tersebut agar memiliki kemampuan mengelola keuangan dan kondisi keuangan yang baik dimasa depan.
Referensi
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (T. Manstead (ed.); 2nd ed.). Berkshire: Open University Press.
Bandura, A. (1995). Self-efficacy in Changing Societies. Cambridge: Cambridge University Press.
Devita, V. D., Romualdez, I., & Nurhalim, D. (2020). Fans BTS, TWICE, dan Blackpink Habiskan 20 Jutaan untuk Idola Mereka. Iprice.co.id. https://iprice.co.id/trend/insights/fans-bts-twice-dan-blackpink-habiskan-20-jutaan-untuk-idola-mereka/, diakses pada 23 September 2021
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed., p. 490). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lidwina, A. (2021). Korean Wave Dorong Orang Indonesia Beli Produk Korea Selatan. Www.Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/08/korean-wave-dorong-orang-indonesia-beli-produk-korea-selatan, diakses pada 23 September 2021
Park, J. H., Park, J. B., & Kim, C. G. (2019). A Study on the Influence and Marketing Effect of Korean Wave Events and Festivals Organization (R. Lee (ed.)). Springer Nature Switzerland AG 2019. https://books.google.co.id/books?id=NXFyDwAAQBAJ&pg=PA62&lpg=PA62&dq=Park,+J.+H.,+Park,+J.+B.,+&+Kim,+C.+G.+(2019).+A+Study+on+the+Influence+and+Marketing+Effect+of+Korean+Wave+Events+and+Festivals+Organization.+Studies+in+Computational+Intelligence,&sour
Sarajwati, M. K. A. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/, diakses pada 10 November 2021
Sari, I. N. (2021). Riset: 85% Milenial Indonesia Belum Sehat Kondisi Keuangannya. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/intannirmala/finansial/611f192879703/riset-85-milenial-indonesia-belum-sehat-kondisi-keuangannya, diakses pada 24 September 2021
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 1567
,
PDF Downloads: 1346







