Pengaruh Value Congruity dan Psychological Ownership terhadap Loyalty: Peran Consumer Engagement Sebagai Variabel Mediasi

Penulis

  • Khafilia Adi Tama Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jim.v10n2.p619-633

Kata Kunci:

Consumer Engagement; Loyalty; Music Industry; Psychological Ownership; Value Congruity

Abstrak

Ada begitu banyak penelitian yang membahas tentang pemasaran terutama tentang loyalitas. Namun hanya beberapa dari mereka yang mengangkat topik loyalitas di industri musik. Begitu banyak hal yang bisa disebarluaskan dalam industri musik, termasuk para musisi itu sendiri. Fleksibilitas dalam mendengarkan musik melalui platform musik digital merupakan salah satu cara yang dapat menumbuhkan loyalitas pendengar terhadap musisi. Salah satu musisi yang mendapatkan loyalitas pendengar musiknya dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang cukup singkat adalah The Panturas. Penelitian ini membahas hal-hal yang mungkin mempengaruhi terjadinya fenomena tersebut dengan menggunakan metode kuantitatif, terutama hubungan sebab akibat dari value congruity dan psychological ownership terhadap loyalty pendengar musik The Panturas dengan keterlibatan konsumen pada akun twitter resmi mereka sebagai variabel mediasi. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jumlah sampel 200 responden dari pendengar musik The Panturas. Seluruh responden disaring melalui pertanyaan filter dimana mereka harus memenuhi kriteria sebagai pendengar musik The Panturas yang mengikuti dan pernah berinteraksi dalam bentuk komentar, tweet kutipan, pesan langsung, atau mention di akun twitter resmi The Panturas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data bernama analisis jalur yang berisi pengujian hipotesis, analisis model, dan uji sobel untuk mengetahui peran variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima tetapi variabel mediasi yang diteliti yaitu consumer engagement, tidak berperan sebagai mediator hubungan antara value congruity dan psychological ownership dengan loyalty.

Referensi

Bicaramusik.id. (2020). The Panturas. (http://bicaramusik.id/profil/t/the-panturas/, diakses pada 23 Juni 2022).

Dewatara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran musik pada era digital digitalisasi industri musik dalam industri 4.0 di Indonesia. WACANA Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice Hall International.

Islam, J. U., Rahman, Z., & Hollebeek, L. D. (2018). Internet Research Consumer engagement in online brand communities: A solicitation of congruity theory Article information. Emerald Insight, 28(1).

Katadata.co.id. (2020). Pangsa pasar pelanggan berbayar layanan musik digital (kuartal II - 2020). (https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/118395/spotify-penguasa-pasar-layanan-musik-digital-berbayar, diakses pada 25 November 2021).

Kaur, H., Paruthi, M., Islam, J. U., & Hollebeek, L. D. (2020). The role of brand community identification and reward on consumer brand engagement and brand loyalty in virtual brand communities. Telematics and Informatics, 46, 101321. https://doi.org/10.1016/j.tele.2019.101321

Kompas. (2020). Perbedaan kemandirian laki-laki dan perempuan. (https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/03/090000169/perbedaan-kemandirian-laki-laki-dan-perempuan?page=all&jxconn=1*1nrvxqk*other_jxampid*cDlveGlGeEZGTnllY3h5LUR2b2JiNExpSTh5WDRvQjRIWEVHdkg0LWM2d202VDhXdUhmWF9ULXlLUzFQc3g1dg..#page2, diakses pada 1 Februari 2022).

Kompas. (2021). Mengenal Apa Itu Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, Millenials, dan Alpha. (https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal-apa-itu-generasi-baby-boomers-x-y-z-millenials-dan-alpha?page=all#page2, diakses pada 1 Februari 2022).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.); 13th ed.). Erlangga.

Kumparan. (2021). The Panturas Bicara Perkembangan Genre Surf Rock di Indonesia. (https://kumparan.com/millennial/the-panturas-bicara-perkembangan-genre-surf-rock-di-indonesia-1v9l19jN8Pi, diakses pada 23 Januari 2022).

Pikiranrakyat.com. (2020). The Panturas, Biduk Pembaru Musik Rock. (https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-01333515/fixriaupesisir.pikiran-rakyat.com?page=5, diakses pada 23 Januari 2022).

Diterbitkan

2022-06-24

Cara Mengutip

Sari, K. A. T. (2022). Pengaruh Value Congruity dan Psychological Ownership terhadap Loyalty: Peran Consumer Engagement Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 619–633. https://doi.org/10.26740/jim.v10n2.p619-633

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 604 , PDF Downloads: 525

Artikel Serupa

<< < 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.