PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KEDISIPLINAN SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 7 SURABAYA

Umi Chulsum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 7 Surabaya, menganalisis pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 7 Surabaya, menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 7 Surabaya, dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga, kedisiplinan siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 7 Surabaya.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surabaya tahun pelajaran 2014 – 2015 sebanyak 228 orang, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 145 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan Teknik Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada pengaruh yang signifikan dan positif antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 7 Surabaya, ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 7 Surabaya, ada pengaruh yang signifikan dan positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 7 Surabaya, dan ada pengaruh yang signifikan dan positif antara lingkungan keluarga, kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap  hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 7 Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Abolarin, Elizabeth Ebun. 2014. “ The Influence of Prenatal, Home and Environmental factors on Learning Outcomes of Pre-Primary School Children”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) Volume 4, Issue 6 Ver. III (Nov - Dec. 2014).

Andartari, dkk. 2013. “Pengaruh Kemampuan Intelektual (Iq) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pada Sma Labschool Rawamangun”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Vol.1 No. 1 Maret 2013. ISSN: 2302 - 2663

Awan, dkk. 2011. “A Study of Relationship between Achievement Motivation, Self Concept and Achievement in English and Mathematics at Secondary Level”. International Education Studies Vol. 4, No 3. 2011

Chou, Pao. 2012. “Effect of Student`s self Directed Learning Diciplin on Online Learning Outcome : Two Exploratory Experiment in Electronic Engineering” Review of Educational research. Vol 71 No. 5, pp. 6-14.

Codjoe and Dalton. 2007. “The importance of home environment and parental encouragement in the acadenic achievement of African Canadian Youth”. Canadian Journal Of Education.30,1.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadillah, Nur. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Diklat Mail Handling”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4 Nomor 2 Oktober 2011. PPI 29-137.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah. 2010. Dasar-dasar Imu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ketut Sudarma dan Eva M. Sakdiyah. 2007. “Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, 2007.

Khafid, Muhammad & Suroso. 2007. “Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi” Fakultas Ekonomi : Universitas Negeri Semarang.

Lawrence. 2012. “Effect learning dicipline on academic achievement of standar student” Jurnal Education. Vol. 9 No. 7, January 2012. 00. 140-150.

Mackay, Ross. 2005. “The Impact Of Family Structure And Family Change On Child Outcomes: A Personal Reading Of The Research Literature”. Journal of New Zealand. Issue 24. March 2005.

Mappeasse, Muh. Yusuf. 2009. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar”. Jurnal MedTek, Volume 1, Nomoer 2, Oktober 2009.

Munib, Achmad. (2005). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Moenir, Has. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mohanraj, Rani and Latha. 2005. “Perceived family environment in relation to adjustment and academic Achievement”. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology. Vol 31. 2005.

Pasternak, Rachel. 2013. “Discipline, learning skills and academic achievement”. Journal of Arts and Education Vol. 1(1), pp. 1-11, June 2013

Patricia Robledo-Ramón and Jesús-Nicasio García-Sánchez. 2012. “The Family Environment Of Students With Learning Disabilities And ADHD”. University of León. Spain.

Purnomowati, Riris. 2006. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Smk Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rusmiasih. 2013. Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 10 Purworejo. Jurnal Perndidikan Ekonomi. Vol 2. No. 3 Januari 2013. Pp. 10-18

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosadakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukawijaya, I Wayan. 2010. “Kontribusi Hasil Belajar Seni Rupa, Kedisiplinan Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Komputer Grafis Siswa Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 2 Sukawati”. Tesis. Pascasarjana Universitas Ganesha Singaraja.

Theresia. L & Tanwey. G.R. 2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Unesa Uneversity Press.

Tella, Adedeji. 2007. ”The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 3 Nos 2, 2007.

Tomo, J. 2008. Hubungan Antara Sikap, Motivasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa D-II PGSD Prajabatan FKIP Universitas Pattimura. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Tu`u, Tulus. 2004. “Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa”. Jakarta: Grasindo.

Uno, Hamzah.2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: Bumi Aksara.

Yudhawati, Ratna dan Danny Haryanto. 2011. “Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





 

ISSN online : 2579-387X

ISSN print   : 2303-324X

Publisher:

Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sponsoring Organizations:

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)


Addres: Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231 Phone/Fax. (031) 8293484

email: jepk@unesa.ac.id

WA   : 085648017971

 

Index, Archive, and Citation :