MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI GUIDE DISCOVERY LEARNING MODELS
Main Article Content
Abstract
Guided Discovery Learning (GDL) adalah pengembangan model discovery learning yang diterapkan secara terbimbing melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik peserta didik dan pendidik pada mata pelajaran ekonomi. Proses tindakan dilakukan secara bertahap dalam kegiatan plan, act and observe, serta reflect (action research spiral-cycle). Pelaksanaan pembelajaran sebanyak 8 kali pertemuan di kelas X IPS 3 yang berjumlah 30 orang. Selain itu digunakan juga kelas X ISS-4 untuk pengujian hasil latihan terbimbing penerapan model discovery learning pada pendidik, dengan jumlah subjek penelitian sama dengan kelas tindakan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, jurnal refleksi guru, dan test hasil belajar. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan model interaktif analisis data dari Miles dan Huberman, yang terbagi dalam 3 tahap analisis, yaitu; data reduction, data display, dan conclusion drawing. Kesimpulannya, guru dapat meningkatkan kompetensi pedagoginya dan hasil belajar peserta didik juga meningkat. Disarankan, agar penerapan model GDL lebih efektif pendidik harus dapat mengelola waktu pembelajaran dengan tepat dan sebaiknya minimal 2 jam pelajaran untuk setiap pertemuan di kelas.
Downloads
Article Details
Author(s) who wish to publish with Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
The publisher publishes and distributes the Article with the copyright notice to the Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan with the article license CC-BY-NC-SA 4.0.
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anesti, D. (2016). Penerapan model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VC subtema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem SDN Kendalrejo 02 Talun Blitar. Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.
Ardani, R., & Setyaningrum, W. (2018). Game-Based Edutainment Media using Guided Discovery Approach: What teachers say? The open access Journal of Physics: Conference Series (JPCS) provides a fast, versatile and cost-effective proceedings publication service. .
BSNP-Indonesia. (2016, Juni -). Retrieved Maret 25, 2020, from BSNP-Indonesia Web site: https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf
BSNP-Indonesia. (2018, Agustus 25). Retrieved Maret 30, 2019, from https://ainamulyana.blogspot.com/2016/07/download-permendikbud-no-22-tahun-2016_14.html: https://drive.google.com/file/d/0B08C4WiimKyfcWs1RU4wb2tESG1pcF9uZk5QV1RlcUtKWkZN/view
Budiwati, N., & Permana, L. (2010). Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, FEB, UPI.
Dyah, H. P., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik. E-Journal Pendidikan Fisika UNY, 18-28.
Ismail, R., & Awang, M. (2004). Isu-isu Dalam Pengajaran Ekonomi Asas. Kuala Lumpur: Pustaka Salam SDN. BHD.
Mariza Fitri, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol 3, No 2.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat, Vol 4 (1), hal 76-85.
Miles, M., & Huberman, A. (1984). Qualitative Data Analysis: a source of new methods. Beverly Hills: Sage Publications.
Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa . Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09; 9-22 .
Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019, -). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved Maret 25, 2020, from https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/: -
Safitri, L. (n.d.). Penerapan model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VC subtema hubungan makhluk hidup dalam ekosistem SDN Kendalrejo 02 Talun Blitar . Safitri, Lutfiana.
Sarwono, S. (2002). Psikologi Sosial Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial . Jakarta: Balai Pustaka.
Sudrajat, A. (2009, Januari 16). Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Retrieved Maret 25, 2020, from https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/01/pp-no-74-tahun-2008-tentang-guru1.pdf
Syaodih, N. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.
Wilkins, R. A. (1998 Rev. ed). Model lessons : bridging the gap between models of teaching and classroom application. Western Australia: [Bentley, W.A.] : Curtin University of Technology.