PENGARUH PENGETAHUAN AWAL AKUNTANSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MELALUI MINAT BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

Main Article Content

Mohammad Taufiq

Abstract

This study was conducted to analyze the effect of accounting prior knowledge, self-efficacy, and interest in the level of understanding of accounting majors accounting PGRI Adi Buana University of Surabaya. The approach used in this research is quantitative. Populations are the second semester students 2014/2015 Accounting Department of Economics, PGRI Adi Buana University with a sample of 156 students. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that there was a significant effect of prior knowledge of accounting and self efficacy on the interest in learning, and learning interest influencing the level of understanding

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Taufiq, M. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN AWAL AKUNTANSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MELALUI MINAT BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p181-196
Section
Articles

References

Adicondro, Nobelina dan Purnamasari Alfi. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Sefl Regulated Learning pada Mahasiswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. Vol. VIII. No. 01.

Aiken, Lewis R. Marnat, Gary Groth. 2009. Pengetesan dan Pemeriksaan Psikologi. Edisi ke dua belas. Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Ariani, Rika. 2004. Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Karir di Kantor Akuntan Publik, (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Bung Hatta, Padang.

Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy The Exercise of Control, First Edition. Freeman: New York.

Brown, H. Douglas. 2005. Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Budiadi, Dwi dan Sulistyawati, Jenny (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Lucos of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Cahaya Aktiva. Vol. 20 No. 1. Politeknik Cahaya Surya Kediri.

Campbell, Donald P. 2013. The Effect Of Prior Knowledge And Feedback Type Design On Student Achievement And Satisfaction In Introductory Accounting. A dissertation not publication. Idaho State University: ubmitted in partial fulfillment of the requirements for the degree of Doctor of Philosophy in Instructional Design.

Cheng, Pi-Yueh dan Chiou, Wen Bin. 2010. Achievement, Attributions, Self-Efficacy, And Goal Setting By Accounting Undergraduates. Review of Journal Psychological Reports, Vol. 106, pp 1-11. Institute of Education National Sun Yat-Sen University.

Djamarah, Shaiful Bahri. 2002. Guru dan Anak dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwirandra. 2013. Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Sikap Etis dengan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Udayana.

Evytasari, Aditya Anggraeni. 2010. Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Upn œVeteran Jawa Timur). (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas UPN œVeteran

Handayani, Veronika Tri. 2014. Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi di Kelas Berpengaruh pada Hasil Belajar Produktif Akuntansi Mahasiswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Hariyoga, Septian dan Suprianto, Edy. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Relajar, dan Budaza Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri sebagai Variable Pemoderasi.Simposium Nasional Akuntansi. XIV.

Hayati, Rahmah Nur. 2007. Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi Terhadap Minat Bidan untuk Mengikuti Uji Kompetensi di Kota Semarang Tahun 2007. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Diponegoro Semarang.

Hidayah, Noor. 2012. Pengaruh self-efficacy, latar belakang orang tua dan prestasi belajar terhadap minat siswa smk berwirausaha bidang agronomi di kabupaten tanah bumbu. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Indriyanti, Ninuk., Siswandari dan Elvia Ivada. 2013. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2013. Jupe UNS, Vol. 1, No. 2, Hal 1 s/d 10

Irwansyah, Rudi. 2013. Pengaruh Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi-Bisnis, dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN 1829-5282. Universitas Pendidikan Ganesha.

Istibsyaroh, Anis. 2013. Pengaruh keyakinan diri dan pengetahuan awal terhadap minat belajar materi akuntansi kelas XII SMP Negeri di Kota Mojokerto. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Kujawa dan Huske. (2003). Critical Issue: Building on Prior Knowledge and Meaningfull Student Contexs/Curltures. http://www.nerel.org. Diakses pada tanggal 20 Mei 2015.

Mahan, Wendy L. 2007. Effect Of Prior Knowledge And Principle-Based And Procedure-Based Instructional Strategies On Students Transfer Of Principles. Dissertation not publication.

Mawardi. M. Cholid. 2011.Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas EkonomiUniversitasIslam (Unisma) Malang.

Mukhid, Abdul. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tingkat Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep dan Aplikasi Konsep Metodologi Penelitian. (Disertasi tidak dipublikasikan). Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana,Universitas Negeri Malang.
Permendikbud Nomor 49. 2014. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Rokhimah, Siti. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. E-Journal Psikologi. Vol.1 pp. 382-394. Universits Mulawarman.

Santyasa, I W. 2005. Model Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah. Disajikan dalam Penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK se Kabupaten Jembrana, Juni - Juli 2005, di Jembrana.

Sari, Muhammad,Muhammad Irsadsyah, Nasrullah Djamil. 2010. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi S1 UIN SUSKA Riau Yang Berasal Dari Latar Belakang Sekolah Menengah Yang Berbeda). Purwokerto: Simposium Nasional Akuntansi XIII. Vol 13.

Subroto, T. W. 2013. Analysis influence of teacher empowerment perfomance within improving the quality of education in elementary school in surabaya city. Journal of Economics and Suitable Development, 4, 2, 2222-2855.

Suhardian, Martha. 2012. Analisis dan Pengembangan Sistem Akuntansi Pendapatan pada Institusi Pendidikan: Studi kasus pada Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya: Jurnal Akuntansi. Universitas PGRI Adi Buana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Ciepta.

Stiggins, R. J., 2004, Student Center Classroom Assesment, New York: Macmillan College Publishing Company

Suwardjono. 2001. Mamahamkan Akuntansi Dengan Penalaran dan Pendekatan Sistem. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14 No.3, pp.106-122.

Taylor, Shelley E. et al. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Watoyo, Dwi. 2008. Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Jurusan IPS SMAN 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2008. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wijanto, Setyo Hari. 2008. Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Kosep dan Tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yorika,Yolla, Azwir Nasir dan Nur Azlina. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Fokus Ekonomi.Vol. 5, pp 44-60. Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Syarif Kasim Riau