PENGARUH PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI DI UNIVERSITAS CIPUTRA)

Main Article Content

Roma Nainggolan
Dhia Harny

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh pendidikan entrepreneurship dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya. Populasi penelitian ini sebanyak 334 mahasiswa dan sample yang digunakan 184 mahasiswa. Pengumpulan data dengan angket menggunakan skala likert dan di analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan entrepreneuship secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha sebesar 0,296. Lingkungan sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 0,704. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi Universitas Ciputra untuk memberikan perhatian lebih pada keterlibatan peran keluarga dan dukungan teman supaya mahasiswa memiliki minat berwirausaha.

Kata Kunci: lingkungan sosial, entrepreneurship, minat kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nainggolan, R., & Harny, D. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI DI UNIVERSITAS CIPUTRA). JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(2), 183–198. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p183-198
Section
Articles
Author Biographies

Roma Nainggolan, Universitas Ciputra

fakultas manajemen dan bisnis

Dhia Harny, Universitas Ciputra

fakultas manajemen dan bisnis

References

Antonio, Tony. (2012). Inspiring Wednesday, Ciputra University Best Practice in Shaping Entrepreneurs in Higher Education. Journal of Entrepreneur and Entrepreneurship, Vol 1 No. 1.
Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). Pengaruh sikap, pendidikan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Armitage, C. J., & Conner, M. (2001). Efficacy of the theory of planned behaviour: A meta-analytic review. British Journal of Social Psychology. https://doi.org/10.1348/014466601164939.
BURAK, E., & SELÇUK, H. (2019). EFFECT OF SOCIAL ENVIRONMENT AND PERSONALITY TRAITS ON ENTREPRENEURSHIP TENDENCIES OF STUDENTS: AN APPLICATION IN FOUNDATION UNIVERSITY. Journal of Life Economics.
DeTienne, D. R., & Chandler, G. N. (2004). Opportunity Identification and Its Role in the Entrepreneurial Classroom: A Pedagogical Approach and Empirical Test. Academy of Management Learning & Education. https://doi.org/10.5465/amle.2004.14242103
Darmawan, Didit. 2015. Metodelogi Penelitian, Metromedia
Douval-Couetil, N. (n.d.). "Assessing the Impact of Entrepreneurship Education Programs Challenges and Approaches". Journal of Small Business Management , Vol. 51 No. 3, pp 394 - 409.
Hapsari, Tanti., Prita., Peran Lingkungan Kampus dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Penidikan dan Kewirausahaan, Vol. 6 No. , Hal 197 - 214
Hendro. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. In Hendro, Dasar- Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Henley. (2017, Mei 15). Retrieved from Republika: http://www.republika.co.id.
Farrukh, Alzubi, Shahzad, Waheed, & Kanwal, 2018, Entrepreneurial Intentions,
The Role of Personality Traits in Perspective of Theory of Planned Behaviour. Journal Entrepreneurship, Vol. 12 No. 2, pp 399-414.
HIPMI, 2018, Data Base National. http://database-nasional-hipmi.org
Indiro Adinugroho et al., (2019). Pandangan Kaum Muda Perkotaan Terhadap Demokrasi 2019. Universitas Katholik Indonesia Indonesia Atmajaya.
Kolvereid, L., & Isaksen, E. (2006). New business start-up and subsequent entry into self-employment. Journal of Business Venturing. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2005.06.008
Moberg, K., Vestergaard, L., Fayolle, A., Redford, D., Cooney, T., Singer, S., Sailer, K. & Filip, D. 2014. How To Asses and Evaluate The Influence of Entrepreneurship Education.A Report Of The ASTEE Project With A user Guide To The Tools. pp.12.
Muchson, M. (2017). Entrepreneurship (Kewirausahaan). Bogor : Guepedia Publisher.
Obschonka, M., Goethner, M., Silbereisen, R. K., & Cantner, U. (2012). Social identity and the transition to entrepreneurship: The role of group identification with workplace peers. Journal of Vocational Behavior. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2011.05.007
O. Fatoki, Mediterranean Journal of Social Sciences, 5, 7 (2014).
Rahmi, E. (2015). Re-Design Mata Kuliah Kewirausahaan Sebagai Upaya Melahirkan Entrepreneur Muda. SNEMA.
Selcuk, Hamide., and Burak, Emel. (2019). Effect of Social Environment and Personality Traits on Entrepreneurship Tendencies of Stuents: An Application in Foundation University. Journal of Life Economics, Vol. 6 Issue: 2, pp 199-132.
Siti Asiah, Siti Jamilah dan Kristiningsih. (2016). Metode Penelitian. Surabaya.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Tentama, F., Mulasari, S. A., Subardjo, & Widiasari, S. (2019). Entrepreneurship education to improve entrepreneurship intention. Humanities and Social Sciences Reviews. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7325
Yao, X., Wu, X., & Long, D. (2016). University students entrepreneurial tendency in China: Effect of students perceived entrepreneurial environment. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies. https://doi.org/10.1108/JEEE-03-2015-0021

www.bappenas.go.id. File Profil Data Statistik Pemuda Indonesia, 2014