PENDIDIKAN EKOWISATA PADA MASYARAKAT SEKITAR WISATA SUMBER MARON DESA KARANGSUKO

Main Article Content

Zahwa Wulandari
Sri Umi Mintarti
Agung Haryono

Abstract

Kebutuhan pengunjung dalam berwisata saat ini tidak hanya berwisata tetapi mereka juga ingin mendapatkan pendidikan dari berwisata. Dewasa ini, masyarakat sekitar yang di daerahnya banyak potensi tidak bisa mengembangkan potensi dengan baik sesuai kebutuhan masyarakat atau pengunjung. Selain itu mereka juga tidak bisa memasarkan hasil pengembangan wisata di daerah mereka yang mengakibatkan wisata menjadi sepi pengunjung. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan untuk menambah wawasan ekowisata dan cara pemasarannya pada masyarakat sekitar, melihat efektifitas dalam pembelajaran yang telah dilaskanakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan metode Desain Based Reseach. Penelitian didasarkan kebutuhan masyarakat sekitar wisata. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang ekowisata dan cara pemasaran pariwisata pada masyarakat sekitar wisata sumber maron dan pelatihan yang dilakukan sudah berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulandari, Z., Mintarti, S. U., & Haryono, A. (2020). PENDIDIKAN EKOWISATA PADA MASYARAKAT SEKITAR WISATA SUMBER MARON DESA KARANGSUKO. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(2), 151–164. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p151-164
Section
Articles
Author Biography

Zahwa Wulandari, Universitas Negeri Malang

S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang

References

Eshun, G., Adjei, P. O., & Segbefia, A. Y. (2016). ˜ Beyond Business as Usual ¯: Implications of Tourist Experiences for Ecotourism Development. 5(2), 126.

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105117.

Hijriati, E., & Mardiana, R. (2015). PENGARUH EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN KONDISI EKOLOGI, SOSIAL DAN EKONOMI DI KAMPUNG BATUSUHUNAN, SUKABUMI. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan. https://doi.org/10.22500/sodality.v2i3.9422

Hiryanto. (2017). - 65 Hiryanto. Dinamika Pendidikan, 22.

Jamrozy, U., & Lawonk, K. (2017). The multiple dimensions of consumption values in ecotourism. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 11(1), 1834. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-09-2015-0114

Josephine, W., Hardanti, Y. R., & Hartono, L. B. (2015). Kehidupan Ekonomi Dan Sosial Masyarakat. In Wuri, Josephine dkk, 2015, Dampak Keberadaan Kampung Wisata terhadap Kehidupan Ekonomi dan Sosial Masyarakat (Vol. 18). https://doi.org/Jurnal Penelitian

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Kurniawati, E., Hamid, D., & Hakim, L. (2018). Peran Masyarakat dalam Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Tulungejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 814. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A8

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pythagoras¯: jurnal pendidikan matematika. In Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika.

Murianto, M. (2014). POTENSI DAN PERSEPSI MASYARAKAT SERTA WISATAWAN TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA DI DESA AIK BERIK, LOMBOK TENGAH. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). https://doi.org/10.24843/jumpa.2014.v01.i01.p03

Situmorang, D. B. M., & Mirzanti, I. R. (2012). Social Entrepreneurship to Develop Ecotourism. Procedia Economics and Finance, 4(Icsmed), 398405. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00354-1

Surwiyanta, A. (2003). Dampak pengembangan pariwisata terhadap kehidupan budaya dan ekonomi. Media Wisata.

Undang-Undang Nomor 10. (2009). Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. UU No 10 2009.

Widagdyo, K. G. (2017). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.15408/ess.v7i2.5411