TECHNOLOGICAL PENDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL AND CREATIVE THINGKING SKILLS SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Technological Pendagogical Content Knowledge (TPACK), critical and creative thingking skills siswa dan pengaruh TPACK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 100 siswa dari dua SMA yang menjadi lokasi penelitian yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran TPACK guru ekonomi dan critical and creative thingking skills siswa, regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh TPACK terhadap critical and creative thingking skills siswa. Hasil penelitian menunjukan TPACK guru dan critical and creative thingking skills siswa SMA Negeri di Kota Bandung berada pada kondisi sedang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh TPACK terhadap critical and creative thingking skills siswa. Artinya, jika terjadi peningkatan TPACK guru maka critical and creative thingking skills siswa juga akan meningkat.
Downloads
Article Details
References
Abdullah, M., & Osman, K. (2010). 21st century inventive thinking skills among primary students in Malaysia and Brunei. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 1646-1651.
Al-Khatib, B. A. (2012). The effect of using brainstorming strategy in developing creative problem solving skills among female students in Princess Alia University College. American International Journal of Contemporary Research, 2(10), 29-38.
Anuar, R., & Zakaria, W. Z. W. (2015). TPACK dalam Pendidikan Seni Visual: Satu Kajian Mengenai Kesediaan Pelajar Menggunakan E-Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Seni Visual. KUPAS SENI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 3.
Cottrell, S. (2017). Critical thinking skills: Effective analysis, argument and reflection. Macmillan International Higher Education.
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Using an elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge. TechTrends, 53(5), 60-69.
Cutler, M., & Greenstein, D. (2012). U.S. Patent Application No. 13/465,572.
Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).
Hava E, Vidergor Mor, Givon Eti Mendel (2019). Promoting future thinking in elementary and middle school applying the Multidimensional Curriculum Model. Thinking Skills and Creativity (31) (2019) 19-30. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.001
Hewitt, J. (2008). Reviewing the handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8(4), 355-360.
Istianah, E. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dengan pendekatan model eliciting activities (MEAS) pada siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43-54.
Jacek Gralewski. (2019). Teachers beliefs about creative students characteristics: A qualitative study. Thinking Skills and Creativity (31) (2019) 138-155. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.11.008
Mairisiska, T., Sutrisno, S., & Asrial, A. (2014). Pengembangan Perangkat pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif larutan untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 3(1).
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017-1054.
Pasani, C. F. Tpack untuk Mengembangkan Hots dan Berbagai Literasi.
PUSPITA SARI, D. E. W. I. (2017). Pengaruh Keterampilan Berpikir kritis dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 Di Man Mojosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(1).
Putriani, E. D. (2014). Implementasi Strategi TPCK Dengan Media Simulasi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Konsep Getaran dan Gelombang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
P21. 2007a. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.
Redecker, C., Ala-Mutka, K., Leis, M., Leendertse, M., Punie, Y., Gijsbers, G., Kirschner, P., Stoyanov, S. and Hoogveld, B. 2011. The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg, Publications Office of the European Union.
Solihat, A. N., Suminawati, S., & Afriza, E. F. (2019). IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(1), 69-76.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95-126.
Sutrisno, S., & Syaiful, S. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 403-412.
Suryawati, E., Firdaus, L. N., & Yosua, H. (2014). Analisis keterampilan technological pedagogical content knowledge (TPCK) guru biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67-72.
Widiyastuti, E. (2016). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU, LITERASI MATEMATIKA, DAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema œIsu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).