MINAT BELAJAR DAN PENGETAHUAN AWAL SEBAGAI DETERMINASI HASIL BELAJAR

Main Article Content

Neti Budiwati
Teti Heryati
Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis menjadi alasan penelitian ini, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi faktor determinasi hasil belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Pemasaran Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 1 Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang minat belajar Ekonomi dan Bisnis, serta dokumentasi terkait data pengetahuan awal dan data hasil belajar Ekonomi dan Bisnis. Metode penelitian adalah survey dengan alat pengumpul data angket model rating scale dan analisi data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar menjadi determinan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis, sedangkan pengetahuan awal tidak berpengaruh terhadap hasil belajar artinya pengetahuan awal siswa bukan merupakan determinasi hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Budiwati, N., Heryati, T., & Hilmiatussadiah, K. G. (2019). MINAT BELAJAR DAN PENGETAHUAN AWAL SEBAGAI DETERMINASI HASIL BELAJAR. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p19-28
Section
Articles

References

Alexander, P. A., & Murphy, P. K. 1998. Profiling the Differences in Students' Knowledge, interest, and strategic processing. Journal of Educational Psychology, 90(3), 435-447.

Alexander P. A., Kulikowich J. M., Schulze S. K. 1994. Am. Educ. Res. J. 31, 313337. How Subject-MatterKnowledgeAffectsRecall and Interest10.3102/00028312031002313

Arnaldi, M. 2014. Four Factor Psychologies as Executive Function to Increase Interest of Learning. ProcediaSocial Behavioral Science , 503-509.

Bransford, J.D. & Johnson, M.K. 1973. Considerations of some Problems of Comprehension. Dalam W.G. Chase (Ed.)., Visual Information Processing. Orlando, FL: Academic Press.

Chen, S.-C., Yang, S. J., & Hsiao, C.-C. 2015. Exploring Student Perception, Learning Outcome and Gender Defferences in a Flipped Mathematics Course. British Journal of Educational Technology.

DeMarie D., Aloise-Young P. A., Prideaux C. L., Muransky-Doran J., Gerda J. H. 2004. College Students' Memory for Vocabulary in Their Majors: Evidence for a NonlinearRelation BetweenKnowledge and Memory. Can. J. Exp. Psychol. 58, 181195. 10.1037/h0087443.

Fryer, L. K. 2015. Predicting Self Concept, Interest and Achievement for First Year Students: The Seeds of Lifelong Learning. Learning and Individual Differences.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT. BumiAksara
Krapp, A. 2002. Structural and Dynamic Aspects of Interest Development: Theoretical Considerations From an Ontogenetic Perspective. Learning and Instruction , 12, 383-409.

Krapp, A., Hidi, S., & Renninger, K. A. 1992. Interest, Learning, and Development. In A. Renninger, S. Hidi, & A. Krapp (Eds). The Role of Interest in Learning and Development , 3-25.

Molstad, C. E., & Karseth, B. 2016. National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal , 15 (3), 329-344.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nemeth, J., & Long, J. G. 2012. Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research , 32 (4), 476-490.

Ormrod,J.E. 2009. Psikologi Pendidikan. (Terjemahan: Wahyu Indianti, dkk). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. 2001. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Schiefele, U. 2001. The Role of Interest in Motivation and Learning. In J. M. Collis, & S. Messick (Eds.), Intelligence and Personality: Bridging the Gap in Theory and Measurement. Mahwah NJ: Lawrence Erlbraum Associate.

Singh, A. K., Srivastava, S., & Singh, D. 2015. Student Engagement as The Predictor of Direct and Indirect Learning Outcomes in The Management Education Context. Metamorphosis , 14 (2), 20-29.

Syaodih, N. 2009. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin. R. 2011, Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktek (Terjemahan: Marianto Samosir). Jakarta: Indeks.

Woolfolk, A. E. 1998. Educational psychology. Boston: Allyn & Bacon.