Learning Media Design based on Traditional Game of Tumbu-Tumbu Belanga (T2B) on Salt Hydrolysis Topic

Authors

  • Julhim S. Tangio Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusmiyati Patilima Universitas Negeri Gorontalo
  • Jafar La Kilo Universitas Negeri Gorontalo
  • Akram La Kilo Universitas Negeri Gorontalo http://orcid.org/0000-0002-4885-1838

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcer.v5n1.p32-40

Keywords:

Learning media, traditional game, tumbu-tumbu belanga, salt hydrolysis.

Abstract

This research aimed to test the validity of the feasibility of traditional game learning media on salt hydrolysis. This research was development research (R&D) with a qualitative descriptive approach. This research uses the ADDIE model development design, which consists of 5 (five) stages, namely (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. Data collection techniques in this study used a validation sheet for the assessment of the feasibility of tumbu-tumbu  learning media. The tumbu-tumbu  learning media validation wass assessed by 4 expert validators, namely 2 chemistry lecturers of State University of Gorontalo material experts, 1 media expert lecturer, and 1 high school chemistry teacher. The results of the validation of tumbu-tumbu  learning media development obtained an average percentage 0f 89.40%, which was categorized in very feasible criteria. Therefore, the tumbu-tumbu  learning media are highly usable in the learning process of salt hydrolysis.

References

[1] C. K. Sari, A. Muslihatun, L. Cahyaningtyas, R. N. L. H. Khaimmudin, R. N. Fijatullah, and E. U. Nisa, œPemanfaatan permainan tradisional untuk media pembelajaran: Congklak bilangan sebagai inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar, Transform. J. Pengabdi. Masy., 2019, doi: 10.20414/transformasi.v15i1.915.
[2] D. Hartiwi and D. A. Zahraini, œPeningkatan Kemampuan Berbicara melalui Permainan Tradisional Jamuran pada Anak Kelompok Bermain di PAUD Taman Belia Candi Tahun Pelajaran 2015/2016, PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. anak usia dini, vol. 5, no. 2, Oct. 2016, doi: 10.26877/paudia.v5i2.1182.
[3] F. Wulandari, W. Wahjoedi, and S. H. Utomo, œPermainan Tradisional ˜Gaprek Kempung Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Vii, J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 3, pp. 331340, 2017.
[4] A. Lestariningrum and M. Crie, œAnalisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan, J. Pendidik. USIA DINI Vol. 11 Ed. 2, Novemb. 2017, pp. 215225, 2017.
[5] G. Febriani, S. Marfuah, and R. Joharmawan, œIdentifikasi Konsep Sukar, Kesalahan Konsep, dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Hidrolisis Garam Siswa Salah Satu SMA Blitar, J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kim., 2018, doi: 10.17977/um026v3i22018p035.
[6] M. A. M. Arsyad, M. Sihaloho, and A. La Kilo, œAnalisis miskonsepsi pada konsep hidrolisis garam siswa kelas XI SMAN 1 Telaga, Jambura J. Educ. Chem., vol. 11, no. 2, pp. 190195, 2016.
[7] A. La Kilo, œSolusi rumus derajat keasaman reaksi asam basa pada larutan penyangga dengan metode mol awal (rumus akram), PATEN, vol. 8, no. 1065, 2017.
[8] D. J. Bait, S. Duengo, and A. La Kilo, œPengaruh model pembelajaran simayang tipe II terhadap peningkatan kemampuan representasi kimia siswa kelas X pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, Jambura J. Educ. Chem., vol. 13, no. 2, pp. 157163, 2018.
[9] L. A. R. Laliyo, M. Kau, J. La Kilo, and A. La Kilo, œKemampuan siswa memecahkan masalah hukum-hukum dasar kimia melalui pembelajaran inkuiri terbimbing, AR-RAZI J. Ilm., vol. 8, no. 1, pp. 18, Apr. 2020, doi: 10.29406/ar-r.v8i1.1875.
[10] D. M. Tyasning and N. D. Nurhayati, œPenerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012, J. Pendidik. Kim. Univ. Sebel. Maret, 2012.
[11] M. Sani, N. Afifah, and E. Afniyanti, œPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma N 1 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pembelajaran 2014 / 2015, J. Ilm. Mhs. FKIP Prodi Biol., vol. 1, no. 1, pp. 13, 2015.
[12] S. Puji Astuti, B. Mulyani, and B. Utami, œPenerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016, Pendidik. Kim., vol. 6, pp. 109118, 2017.
[13] T. Ibnu Sidik, M. Masykuri, and B. Mulyani, œPEnerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Adobe Flash Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi IPA di SMA N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015, Pendidik. Kim., vol. 5, pp. 4145, 2016.
[14] R. Nuraeni, A. Nugroho Catur Saputro, and T. Redjeki, œPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Chem Puzzle untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014, Pendidik. Kim., vol. 4, pp. 4452, 2015.
[15] O. Rumape, N. Christopel, J. La Kilo, and A. La Kilo, œPenerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Kartu Nama dari Tata Nama Senyawa Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, 2020.
[16] A. Gonibala, M. Pikoli, and A. La Kilo, œValiditas perangkat pembelajaran materi ikatan kimia berbasis model pembelajaran pemaknaan untuk melatihkan sensitivitas moral siswa SMA, Jambura J. Educ. Chem., vol. 1, no. 1, pp. 16, Feb. 2019, doi: 10.34312/jjec.v1i1.2067.
[17] A. Susanti, œPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Berbantuan Media Truth and Dare Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam, UNIMED, 2019.
[18] A. T. P. Retno, S. Saputro, and B. Utami, œPengembangan media pembelajaran buletin dalam bentuk buku saku berbasis hirarki konsep untuk pembelajaran kimia kelas XI materi hidrolisis garam, J. Pendidik. Kim., vol. 4, no. 2, pp. 7481, 2015.
[19] A. N. Catur Saputro, V. Ditama, and S. Saputro, œPengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI, J. Pendidik. Kim. Univ. Sebel. Maret, vol. 4, no. 2, 2015.
[20] R. Kharolinasari, E. B. Susatyo, and S. Sarwana, œPengembangan Media Pembelajaran Interaktif Happy Chemist pada Materi Hidrolisis untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa, J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 14, no. 1, pp. 25472560, 2020.
[21] I. Novi, œDesain dan Uji Coba LKPD Interaktif Berbantuan Software Ispring Suite 8 dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.
[22] N. Purnama, œPengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Materi Hidrolisis Garam, SKRIPSI Jur. Kim. MIPA UM, 2018.
[23] V. Ditama and S. Saputro, œPengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia, J. Pendidik. Kim., vol. 4, no. 2, 2015.
[24] D. I. Suryani, T. Suhery, and A. R. Ibrahim, œPengembangan Modul Kimia Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X SMA, J. Penelit. Pendidik. Kim. Kaji. Has. Penelit. Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1, pp. 1828, 2014.
[25] N. I. Ischak, E. A. Odja, J. La Kilo, and A. La Kilo, œPengaruh Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa, Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 8, no. 2, pp. 5866, 2020.
[26] M. Sihaloho, S. S. Hadis, A. K. Kilo, and A. La Kilo, œDiagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga GorontaloŽ pada Materi Termokimia, Jambura J. Educ. Chem., vol. 3, no. 1, pp. 713, 2021.

Downloads

Published

2021-06-29
Abstract views: 301 , PDF Downloads: 357 , PDF Downloads: 162