Strategi Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Studi Pada UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya
Abstract
Pemerintah Kota Surabaya berupaya untuk mencapai perubahan Kota Layak Anak 2030 dengan memenuhi hak-hak anak di Indonesia, terutama anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan oleh UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik gabungan yang menganalisis secara signifikan sesuai dengan kondisi subjek dan lokasi. Fokus penelitian ini menggunakan teori Pendekatan Pemberdayaan oleh Edi Suharto yang terdiri dari lima indikator yaitu, Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan telah menerapkan pemberdayaan yang mencakup aspek keagamaan, kebudayaan, sosial, pendidikan dan keterampilan. Namun, terdapat tantangan yang dihadapi seperti ketersediaan sumber daya pendamping yang tidak seimbang dan pemberian pengajaran yang belum merata untuk seluruh anak berkebutuhan khusus di UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. Dengan ini, peneliti memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan pemberdayaan anak berkebutuhan khusus sebagai berikut: diharapkan meningkatkan pelaksanaan keagamaan, mengembangkan keterampilan kebudayaan, menigkatkan aksesibilitas pendidikan dan pelatihan agar seluruh anak dapat menerima pengajaran yang setara, dan diharapkan menyediakan layanan bimbingan konseling psikologis.
Kata Kunci: pemberdayaan, anak berkebutuhan khusus, UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

