Efektivitas Program Identitas Kependudukan Digital Dalam Menunjang Pelayanan Publik Pada Masyarakat di Kelurahan Pagesangan
Keywords:
Efektivitas, Identitas Kependudukan Digital, Pelayanan PublikAbstract
Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat memiliki tanggung jawab untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik demi meningkatan pelayanan publik. Melalui program IKD diharapkan bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis secara detail mengenai efektivitas Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat atau mendukung pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang dilakukan menggunakan teori efektivitas menurut Duncan yang meliputi 3 indikator yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa efektivitas program IKD di Kelurahan Pagesangan sudah cukup efektif. Penetapan efektivitas program ini didasarkan pada indikator-indikator yang sudah berkinerja baik, antara lain Pencapaian tujuan dengan sub indikator kurun waktu dan dasar hukum, Integrasi dengan sub indikator prosedur, Adaptasi dengan sub indikator peningkatan kemampuan pegawai dan sarana prasarana. Meskipun sudah terlaksana dengan baik, namun program ini masih menghadapi banyak tantangan, antara lain tujuan program yang tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, masyarakat yang tidak memiliki perangkat dengan spesifikasi mendukung dan program yang kurang diketahui masyarakat. Rekomendasi yang diperoleh dari penelitian ini menyarankan perluasan upaya sosialisasi terkait Identitas Kependudukan Digital. Selain itu, disarankan untuk meningkatkan kemampuan petugas pelayanan melalui pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam memfasilitasi aktivasi Identitas Kependudukan Digital. Selain itu, disarankan untuk memaksimalkan saluran komunikasi yang digunakan dalam program sosialisasi.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section

