Analisis Kualitas Pelayanan Adminduk Melalui Layanan Sahaja Lekat: Studi Pada Kecamatan Pare Kabupaten Kediri
Keywords:
Kata kunci: Kualitas layanan, Administrasi kependudukan, Sahaja LekatAbstract
Dukcapil Kabupaten Kediri meluncurkan program Sahaja Lekat (Satu Hari Jadi Lebih Dekat), yang bertempat di setiap kecamatan di Kabupaten Kediri, bertujuan memudahkan akses masyarakat ke kantor Dukcapil, tetapi persebaran informasi layanan masih kurang. Penelitian ini bertujuan mengukur kualitas layanan administrasi kependudukan pada layanan Sahaja Lekat. Metode yang digunakan adalah mix method Sequential Eksplanatory dengan populasi 300 orang dan sampel 75 responden yang dipilih melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data melalui perhitungan servqual dan diagram kartesius dengan teori kualitas layanan menurut Parasuraman, yang mengukur kualitas layanan berdasarkan lima dimensi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi tangible memuaskan dengan gap -0.29 karena sarana prasarana yang memadai namun masih kurangnya jumlah kursi dan ruang tunggu yang panas. Dimensi reliability memuaskan dengan gap -0.26 karena dokumen yang dihasilkan tanpa kesalahan tetapi cetakan kurang jelas, standar pelayanan jelas hanya pada instagram, dan kemampuan pegawai baik. Responsiveness cukup memuaskan dengan gap -0.44 karena penyebaran informasi masih kurang maksimal. Assurance memuaskan dengan gap -0.31 karena sebagian besar dokumen selesai dalam satu hari. Dimensi empathy sangat memuaskan dengan gap -0.2 karena pelayanan ramah dan komunikasi yang baik dari pegawai. Oleh karena itu, perlu untuk menambah jumlah kursi dan printer serta melakukan maintenance pada komputer dan printer, menampilkan standar pelayanan, serta melakukan persebaran informasi terkait layanan Sahaja Lekat.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section

