EVALUASI DIKLAT KONVENSI HAK ANAK BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING SELINGKUNG SMPN DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Audrey Indra Mustika Cahya Supriyadi Sarjana Terapan Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Lestari Sarjana Terapan Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

CIPP, EVALUASI DIKLAT, KONVENSI HAK ANAK, SUMBER DAYA MANUSIA, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Abstract

Kegiatan diklat dilaksanakan untuk membantu peningkatan kompetensi pegawai untuk mencapai tujuan instansi.  Kegiatan diklat konvensi hak anak membutuhkan tahap evaluasi diklat yang dapat berperan penting dalam tolak ukur keberhasilan diselenggarakannya kegiatan diklat. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Daniel L. Stufflebeam yaitu teori evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dari penelitian ini adalah panitia (pegawai bidang pengembangan kompetensi pegawai), peserta diklat, dan pemateri. Sumber data primer penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data sekunder penelitian ini adalah website, peraturan yang berlaku, serta data literatur lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi serta menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : a. context, tujuan dari terselenggaranya kegiatan diklat sudah tercapai dan setiap kegiatan diklat memerlukan analisis kebutuhan diklat ; b. input, perencanaan dari kegiatan diklat sudah sesuai dengan yang ditetapkan ketika awal perancangan kegiatan tetapi masih memerlukan kurikulum sebagai tolak ukur keberhasilan dari materi yang akan disampaikan pada saat kegiatan ; c. process, pada pelaksanaan kegiatan diklat konvensi hak anak sudah berjalan maksimal namun masih perlu dilakukan gladi kotor dan lebih baik kegiatan dilaksanakan secara offline sehingga panitia, pemateri, dan peserta dapat berinteraksi secara langsung ; d. product, peserta diklat mampu menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan diklat, seluruh peserta diklat konvensi hak anak bidang pendidikan tahun 2023 telah dinyatakan lulus.

kata kunci : cipp, evaluasi diklat, konvensi hak anak, sumber daya manusia

Additional Files

Published

2024-07-31

How to Cite

Supriyadi, A. I. M. C., & Lestari, Y. . (2024). EVALUASI DIKLAT KONVENSI HAK ANAK BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING SELINGKUNG SMPN DI KOTA SURABAYA. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 3(3). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/innovant/article/view/32196

Issue

Section

Articles
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 0