Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Klampid New Generation Di Kelurahan Kebraon Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya
Keywords:
E-Government, Pelayanan, Administrasi Kependudukan, KNGAbstract
Elektronik government merupakan suatu sistem mekanisme interaksi baru antara Pemerintah dengan masyarakat ataupun dengan pihak yang berkepentingan lainnya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan inovatif. Kelurahan Kebraon menerapkan administrasi kependudukan melalui klampid new generation ditemukan permasalahan yang dialami masyarakat dalam melakukan pengurusan seperti masyarakat masih belum sepenuhnya mengetahui informasi klampid new generation, dan ada beberapa masyarakat yang belum memahami alur dan persyaratan pengurusan administrasi kependudukan yang secara luring dilakukan di kantor Kelurahan ketidakpahaman masyarakat tentang pengurusan online melalui klampid new generation membuat masyarakat kebingungan dalam pengurusan kependudukan. Tujuan penelitian diharapkan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan secara luring melalui klampid new generation di kantor kelurahan bisa dilakukan secara mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, fokus penelitian ini dengan menggunakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Electronic Government untuk mencapai tujuan strategis Electronic Government. Kesimpulan terkait strategi Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan melalui klampid new generation di Kelurahan Kebraon dapat dinilai masih mengalami kendala prasarana yang kurang seperti personal komputer, printer menyebabkan antrian yang cukup lama. Kelurahan dalam melayani masyarakat sudah sesuai dengan standar operasional prosedur dengan menyampaikan alur dan persyaratan.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section

