Pengembangan Aplikasi E-Syarat Menggunakan Design Thinking Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu

Authors

  • Muhammad Syarifuddin SMP Progresif Bumi Shalawat
  • Ahmad Ghozy SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo
  • Muhammad Syarifuddin SMP Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo

Abstract

Upaya pemerintah untuk mengentas pandemi yang ada dalam negeri terus dilakukan, hal tersebut secara tidak langsung akan berdampak dalam sektor pendidikan, yang awalnya luring terpaksa harus dilaksanakan secara daring, banyak siswa mengeluhkan tidak paham dan kesulitan hingga motivasi mereka menurun saat pembelajaran daring, salah satunya adalah siswa tunarungu pada mata pelajaran bahasa inggris. Berdasarkan hal tersebut penulis membuat suatu media pembelajaran E-SYARAT yang meruapakn game based learning untuk siswa SLB tunarungu di Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aplikasi E-SYARAT menggunakan design thinking; (2) Mendeskripsikan cara kerja aplikasi E-SYARAT dalam menyampaikan materi bahasa inggris berbasis permainan; dan (3) Mendeskripsikan efektivitas aplikasi E-SYARAT sebagai media pembelajaran dalam membantu siswa tunarungu belajar bahasa inggris. Metode yang digunakan adalah design thinking yang terdiri dari empathy, define, ideate, prototype dan testing yang bertujuan menguji coba aplikasi. E-SYARAT memiliki fitur unggul yaitu permainan dalam menyampaikan materi bahasa inggris sehingga siswa merasa tertarik. E-SYARAT telah diuji coba menggunakan usability testing yang mengetahui kekurangan berdasarkan kepuasan pengguna dengan kuesioner SUS dengan hasil akhir score diatas 80.3 yang memiliki arti grade dari aplikasi E-SYARAT adalah “A” dan memiliki kategori adjective rating excellent, sehingga E-SYARAT memiliki efektivitas baik dalam membantu pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Design Thinking, Siswa Tunarungu

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

Muhammad Syarifuddin, Ghozy, A., & Syarifuddin, M. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Syarat Menggunakan Design Thinking Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/15697

Issue

Section

Articles
Abstract View: 196