PERAN EDUKASI DALAM PEMENTASAN DRAMA KOLOSAL KARYA KOMUNITAS ROODE BRUG
Main Article Content
Abstract
Komunitas “Roode Brug” memiliki tujuan untuk memperkenalkan sejarah melalui drama kolosal yang disajikan kepada masyarakat dan khususnya generasi muda bangsa, agar dapat menghargai sejarah dengan mengaplikasikan dalam kehidupan dan bermasyarakat saat ini. Kajian ini menggunakan teori antropologi pendidikan, konsep fungsi teater dan konsep edukasi dalam menganalisis dan menggali peran “Roode Brug” dalam sisi komunitas dan karyanya. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dipakai dalam metodologi penelitian. Subjek penelitian adalah anggota “Roode Brug”, warga (penonton). Teknik mengumpulkan data: obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Peran edukasi yang diberikan oleh “Roode Brug” dalam pertunjukan drama kolosal memberikan dampak positif bagi masyarakat dan remaja. Menampilkan reportoar pertunjukan dengan visualisasi teatrikal membuat penonton merasakan dan menangkap pesan moral sebagai semangat yang diaplikasikan dalam kehidupan-sehari. Wujud edukasi ini merupakan tujuan dari “Roode Brug” agar sejarah dapat diterima semua elemen masyarakat dengan sajian hiburan drama kolosal yang menarik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik Autor