Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Marketing Place UMKM Semanggi di Kampung Semanggi

Penulis

  • Susanti Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Han Tantri Hardini Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Kautsar Universitas Negeri Surabaya
  • Fresha Kharisma Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p14-22

Kata Kunci:

Semanggi, Financial Management, Market Place, Income Generating

Abstrak

UMKM Semanggi memiliki potensi meningkatkan perekonomian di kelurahan Sememi jika pengelolaan dan sumber daya yang ada diberdayakan dengan baik oleh pelaku UMKM. Kelemahan UMKM Semanggi yang diamati adalah kurang memanfaatkan media market place digital untuk memasarkan produk mereka dan kurangnya pengelolaan manajemen keuangan UMKM. Dengan adanya kendala tersebut menjadi inspirasi bagi tim PKM untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan pengelolaan keuangan dan marketing place bagi UMKM Semanggi di kampung Semanggi kelurahan Sememi kecamatan Benowo Kota Surabaya sehingga diharapkan nantinya dapat memanfaatkan potensi besar yang sudah dimiliki.

Kegiatan PKM secara offline sudah dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2024 di Kampung Semanggi, Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo Surabaya dengan jumlah peserta sebanyak 25 peserta. Luaran penelitian ini adalah jurnal PKM, video kegiatan PKM yang diupload di youtube, dan kegiatan dipublikasikan di beberapa media massa. Manfaat bagi para peserta UMKM adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM sehingga mampu meningkatkan income generating melalui pengelolaan keuangan yang baik dan adanya peningkatan pemasaran digital market place di UMKM tersebut sehingga indicator UMKM naik kelas bisa tercapai dan mendapatkan apresiasi di Surabaya.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

[1]. Amalia, D. 2020. Pengertian Jenis dan Perkembangan UMKM di Indonesia. http://www.jurnal.id/blog/pengertian-jenis dan perkembangan-umkm-di-indonesia.

[2]. Ananda, S. 2017. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. 120-142 pp.

[3]. Anggraeni, H. H. 2016. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha "Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik. Vol 1.1286-1295 pp.

[4]. Farwitawati, R. 2018. Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha. Vol 1(1). 225- 229 pp.

[5]. Fathah, R. W. 2020. Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan

Menengah (UMKM) Di Sekitar UNISA. The 11th University Colloqium , 55-58.

[6]. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2021. Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. PP No 7 Tahun 2021.

[7]. Setyorini, I. N. 2012. Pelatihan Akuntansi UMKM Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan. Tidak dipublikasikan: Laporan Pengabdian Masyarakat

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-20

Cara Mengutip

Susanti, S., Hardini, H. T., Kautsar, A., & Kharisma, F. (2025). Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Marketing Place UMKM Semanggi di Kampung Semanggi. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 6(`1), 14–22. https://doi.org/10.26740/abi.v6n`1.p14-22
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.