Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM Desa Kweden

Penulis

  • Rena Natalia Universitas Negeri Surabaya
  • Fresha Kharisma Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Rizky Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Ina Uswatun Nihaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p35-39

Abstrak

Desa kweden merupakan desa wisata yang belum terlalu berkembang, namun disamping itu, penduduknya banyak yang berprofesi sebagai pelaku UMKM. Kebanyakan dari mereka belajar mengenai UMK secara otodidak melalui media sosial khususnya YouTube. Dikarenakan hal tersebut, banyak pelaku UMKM di Desa Kweden masih kurang mengenai pengetahuan UMKM dan berbisnis. Banyak dari mereka hanya ikut-ikutan saja dalam berbisnis. Oleh karena itu, tujuan diadakannya Branding UMKM yaitu agar pelaku UMKM di Desa Kweden dapat lebih profesional dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya yang nantinya akan meningkatkan ekonomi keluarga dan menjadikan Desa Kweden lebih dikenal. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi mengenai latar belakang pelaku UMKM yaitu dengan kuisioner dan wawancara. Dan hasilnya, program kegiatan branding UMKM sangat membantu pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis secara lebih profesional.

Referensi

. Ahmad Budi Sulistio. (2017). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. 1–16.

. INTRAC. (2017). Most significant change. 1–4. https://www.intrac.org/wpcms/wp-content/uploads/2017/01/Most-significant-change.pdf

. Susanti, E., Oskar, D. P., Putra, U., & Yptk, I. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek Umkm ( Studi Kasus : Pusat Oleh - Oleh Kota Padang). 1(2), 116–130.

. Zulianto, E. (2017). Analisis pengaruh penggunaan. 2(September), 33–38.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Natalia, R., Kharisma, F., Ramadhan, M. R., & Nihaya, I. U. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM Desa Kweden. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 3(2), 35–39. https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p35-39

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 204 , PDF Downloads: 537

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama