Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM Desa Kweden
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p35-39Abstrak
Desa kweden merupakan desa wisata yang belum terlalu berkembang, namun disamping itu, penduduknya banyak yang berprofesi sebagai pelaku UMKM. Kebanyakan dari mereka belajar mengenai UMK secara otodidak melalui media sosial khususnya YouTube. Dikarenakan hal tersebut, banyak pelaku UMKM di Desa Kweden masih kurang mengenai pengetahuan UMKM dan berbisnis. Banyak dari mereka hanya ikut-ikutan saja dalam berbisnis. Oleh karena itu, tujuan diadakannya Branding UMKM yaitu agar pelaku UMKM di Desa Kweden dapat lebih profesional dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya yang nantinya akan meningkatkan ekonomi keluarga dan menjadikan Desa Kweden lebih dikenal. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi mengenai latar belakang pelaku UMKM yaitu dengan kuisioner dan wawancara. Dan hasilnya, program kegiatan branding UMKM sangat membantu pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis secara lebih profesional.
Referensi
. Ahmad Budi Sulistio. (2017). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. 1–16.
. INTRAC. (2017). Most significant change. 1–4. https://www.intrac.org/wpcms/wp-content/uploads/2017/01/Most-significant-change.pdf
. Susanti, E., Oskar, D. P., Putra, U., & Yptk, I. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek Umkm ( Studi Kasus : Pusat Oleh - Oleh Kota Padang). 1(2), 116–130.
. Zulianto, E. (2017). Analisis pengaruh penggunaan. 2(September), 33–38.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)