PENINGKATAN SOSIOEKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DISPLAY TOKO BAGI GALERI UMKM TP PKK KABUPATEN LUMAJANG

Penulis

  • A’rasy Fahrullah Universitas Negeri Surabaya
  • ach . yasin Universitas Negeri Surabaya
  • Ajib Ridlwan Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Fikriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Indrarini Universitas Negeri Surabaya
  • Moch. Khoirul Anwar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p25-32

Kata Kunci:

Socioeconomic, Training, Product Display

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut UMKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia khususnya di kabupaten lumajang. Meningkatnya jumlah UMKM dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat di lumajang  mulai berkeinginan untuk membuat bisnisnya sendiri. Namun kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha di lumajang adalah kurangnya kemampuan mereka dalam mendispaly produknya. Pengetahuan yang rendah mengenai display produk menjadi masalah tersediri dan berdampak pada nilai produk yang rendah dan kurang diminati. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan pelatihan display produk. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang disampaikan secara luring. Hasil dari kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mendisplay produk. Hal ini diketahui dari respon peserta pada kuesioner yang diberikan yang menunjukkan hasil bahwa seluruh peserta setuju bahwa materi yang diberikan bermanfaat dan berdampak pada peningkatan pengetahuan peserta

Referensi

Fahrullah dan Khoirudin. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Internet Marketing

Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Laznas Nurul Hayat Surabaya. Jurnal Ekonomika dan

Bisnis Islam, hal 71-78.

Fahrullah and Rezqy. (2021). A Prototype of Digital Sharia Business Incubator to Develop Rural

Economy. Jurnal Atlantis Press, Vol. 209.

Fikri, Ramadhan, Hardilawati, Hichmaed, Sulistyandari, Kusumah, Zaki dan Akhmad. (2021).

Manajemen Biaya Dan Strategi Pemasaran Dalam Pemulihan Perolehan Laba Umkm Dimasa

Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3

Indrarini dan Aini. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan

Wadiah Pada USPPS BMT Sunan Drajat Tunggul Paciran Lamongan. Jurnal Ekonomi,

Manajemen, Bisnis dan Sosial, Vol. 1

Karina. (2021, Desember 6) Semeru Meletus, Hasil Pertanian Dari Lumbung Pangan Jatim

Terganggu.

https://www.kompas.tv/article/238993/semeru-meletus-hasil-pertanian-dari-

lumbung-pangan-jatim-terganggu

Lumajangkab.go.id. (2022). Profil Daerah. https://lumajangkab.go.id/main/gambaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Fahrullah, A., yasin, ach ., Ridlwan, A., Fikriyah, K. ., Indrarini, R., & Anwar, M. K. (2023). PENINGKATAN SOSIOEKONOMI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DISPLAY TOKO BAGI GALERI UMKM TP PKK KABUPATEN LUMAJANG. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p25-32

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 91 , PDF Downloads: 106