Pelatihan E-Filing Aplikasi Arsip Digital bagi Guru-guru SMK

Penulis

  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya
  • Jaka Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Triesninda Pahlevi Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p40-44

Kata Kunci:

aplikasi, arsip digital, e-filing

Abstrak

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi sebuah cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi, terutama dalam menyimpan berbagai keterangan dengan menggunakan kearsipan elektronik atau yang disebut dengan e-filing aplikasi arsip digital. Bagi guru-guru kebutuhan akan kemampuan menggunakan e-filing aplikasi arsip digital sangat terasa untuk mempermudah proses penyimpanan berbagai macam surat masuk dan surat keluar. Mengingat dokumen yang perlu diarsipkan sangat banyak sehingga apabila dokumen dapat diarsip secara elektronik akan lebih mudah. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah pelatihan dengan melalui beberapa tahap sosialisasi program dan pengenalan serta pelaksanaan strategi yang digunakan adalah ceramah dan praktik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim PKM telah mendapatkan respon positif dari guru-guru SMK. Hal ini dapat dilihat berdasarkan angket respon dan testimoni yang diberikan oleh guru-guru peserta pelatihan e-filing aplikasi arsip digital di SMK Tunas Wijaya Surabaya. Sehingga kegiatan pelatihan ini direspon positif oleh peserta pelatihan karena peserta pelatihan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dan peserta pelatihan berkeinginan untuk dapat menerapkan dalam kegiatan pembelajaran, serta meminta agar kegiatan PKM ini berkelanjutan.

Referensi

Listiyani, M. & Alamsyah. (2019). Analisis Autentikasi dan Pengelolaan Arsip Elektronik di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 1-9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26817.

Martini, T. (2021). Pengelolaan Arsip Elektronik. Jurnal Komputer Bisnis. 1-8. http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/324.

Nugraha, D. A. (2019). Pengelolaan Kearsipan Berbasis Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 203-213. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/3089.

Nur, D. & Sutarni, N. (2017). Penerapan Sistem Kearsipan Elektronik sebagai Determinan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 148-156. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/8104/5127.

Putra, W. I. & Nelisa, M. (2020). Pengelolaan Arsip Elektronik di Unit Kearsipan PT Semen Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 8(2), 39-47. https://media.neliti.com/media/publications/327481-pengelolaan-arsip-elektronik-di-unit-kea-bdff2c9c.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Puspasari, D., Nugraha, J., Pahlevi, T., & Wulandari, S. (2022). Pelatihan E-Filing Aplikasi Arsip Digital bagi Guru-guru SMK. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 3(2), 40–44. https://doi.org/10.26740/abi.v3n2.p40-44

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 124 , PDF Downloads: 157