PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono Budiyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p87-94

Abstract

ABSTRACT

Minister of Education and Culture Regulation No. 21 of 2016 states that competencies in the realm of knowledge that students must possess are factual, conceptual, procedural, and metacognitive knowledge. The ability of metacognition can be trained through a learning approach. One approach that can train the awareness of thinking is Problem Posing. Problem Posing Approach is assumed to be able to improve students' metacognition abilities, therefore this study aims to see how the effect of the Problem Posing approach to the metacognition abilities of elementary students.This type of research is experimental research. The research design used is counterbalanced design or balanced design. This research design uses two classes in which each class is an experimental class and there is no control class because in this design, treatment is carried out in each class. The data collection techniques include observation, interviews, and tests. Data analysis techniques used for needs analysis are interpreted qualitatively. The main data obtained from the test and interview instruments as additional information. The main data analysis uses statistical inference, which is the t-test. The results of this experimental research are expected to be used as consideration for decision making in the use of learning methods to improve students' cognitive abilities more effectively, especially in Mathematics learning. The results of this study are conventional learning, as many as 14.81% of students have high metacognition abilities. The average student has the ability 'medium metacognition' which is as much as 74.07%. The number of students who have 'high metacognition' abilities increased to 37.04% after learning with the problem posing approach. Based on the paired sample t-test shows that there is a tendency to increase in effectiveness after applying the problem posing approach (the problem posing approach is more effective than conventional) with an average increase of 2,185.

Keywords: Metacognition Ability, Problem Posing Approach

 

ABSTRAK                                                                                         

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 menyebutkan bahwa kompetensi dalam ranah pengetahuan yang harus dimiliki siswa adalah pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognisi. Kemampuan metakognisi dapat dilatihkan melalui suatu pendekatan pembelajaran.Salah satu pendekatan yang dapat melatihkan kesadaran berpikir tersebut adalah Problem Posing. Pendekatan Problem Posing diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan metakognisi siswa, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebenarnya pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan metakognisi siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Counterbalanced Design atau desain berimbang. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas dimana setiap kelasnya merupakan kelas eksperimen dan tidak ada kelas kontrol karena di dalam desain ini dilakukan treatment di dalam setiap kelasnya. Adapun teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untukanalisis kebutuhan ditafsirkan secara kualitatif. Data utama diperoleh dari instrument tes dan wawancara sebagai informasi tambahan. Untuk analisis data utamanya menggunakan statistika inferensia, yaitu uji-t. Hasil penelitian eksperimen ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognisi siswa secara lebih efektif, khususnya dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian ini adalah dengan pembelajaran kovensional, sebanyak 14,81% siswa memiliki kemampuan metakognisi yang tinggi. Rata-rata siswa memiliki kemampuan ˜metakognisi sedang yaitu sebanyak 74,07%. Jumlah siswa yang memiliki kemampuan ˜metakognisi tinggi meningkat menjadi 37,04% setelah pembelajaran dengan pendekatan problem posing. Berdasarkan uji-t sampel berpasangan tersebut menunjukkan bahwa terjadi kecenderungan kenaikan efektifitas setelah diterapkan pendekatan problem posing (pendekatan problem posing lebih efektif dibandingkan konvensional) dengan rata-rata kenaikannya adalah 2,185.

Kata Kunci : Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Metakognisi.

Author Biographies

Wiryanto Wiryanto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Neni Mariana, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Budiyono Budiyono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Surabaya

References

Amir, M. F. J. J. o. M. J. o. M. E. I. V. S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 117-128.

Flavel, J.H., Miller, P.H., & Miller, S.A. (2002). Cognitive Development (4th ed.). Upper Saddle River, NJ; Prentice Hall.

Memnun, D. S., Akkaya, R. J. P.-S., & Sciences, B. (2009). The levels of metacognitive awareness of primary teacher trainees. 1(1), 1919-1923.

Kuhn, D. (2000). Theory of Mind, Metacognition and Reasoning: A life-span Perspective. In P. Mitchell & K, J. Riggs (Eds). Children's Reasoning and The Mind (pp.301-326). hove, UK: Psychology Press.

lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28 (4), 563-575. http://dx.doi.org/10.1111/j.1774-6570.1975.tb01393.x

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Albabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Innovatif. Sidoarjo: Mas Media Pustaka.

Schoenfeld, A. H. (2014). Mathematical Problem Solving: Elsevier Science.

Tumbel, F. M. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem Posing dan kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi pada SMA di Kota Bitung Sulawesi Utara.(Disertasi).

Downloads

Published

2020-01-11

How to Cite

Wiryanto, W., Mariana, N., & Budiyono, B. (2020). PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1), 80–87. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p87-94
Abstract views: 431 , PDF Downloads: 357