PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD INPRES BERTINGKAT LABUANG BAJI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p79-86Abstract
ABSTRACT
This Study aimed to determine the influence of scientific approach on learning activities and learning outcomes under plant characteristics topic at the grade VI students of SD Inpres Labuang Baji Makassar. This type of research was an exprimental model using a pre-Experimental design in the form of one group pretest and post-test design.the samples of this study were 29 students. Data collection were observations tests, and documentation,while the research data were analyzed descriptively and infrentially by t test. The outcomes of science students in grade VI sd Inpres Labuang Baji .Based on the average post test results, the average science learning outcomes after applying the scientific approach are higher that the average pretest results before the scientific approach application. The average pretest obtained before applying the scientific approach is 42,41%., after having treatment with a scientific approach, the average posttest score is 85,06%. The number of class improves based on the pretest and posttest scores is 42,65%.
Keywords: Scientifi, learning activities and results, Science
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA Ciri khusus Yang dimiliki oleh tumbuhan pada siswa kelas VI SD Inpres Labuang baji Jenis penelitian ini merupakan model eksperimen menggunakan Desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres Labuang Baji yang berjumlah 29 siswa Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Inpres Labuang Baji . Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh rata-rata posttest hasil belajar IPA setelah diterapkan Pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan pendekatan saintifik Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan pendekatan saintifik yaitu 42,41 %. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan pendekatan saintifik, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 85,06.% .Jumlah peningkatan kelas berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 42,65%.
Kata Kunci : Saintifik, Aktivitas dan hasil belajar, IPA
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama
Arikunto, Suharsimi. (2006). Teknik Analisis Data. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia, No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hudojo, Herman. (1990). Strategi Mengajar Belajar Akuntansi. Malang: IKIP Malang
Palupi, D. T. (2016). Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Sardiman A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyanto. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Thorndike, R. L, and Hagen E,E. (2009). Maesurement and Evaluation in Psychology and Education. New york.