PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA DAN MENULIS UNTUK PERKULIAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL JURUSAN S1 PGSD FIP UNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p61-72Abstract
ABSTRACT
Beginning Reading and Writing Materials (MMP) in Indonesian Language Learning courses in the Early Classes of PGSD FIP UNESA S1 have not been sufficient to equip students with knowledge and practice to strengthen and develop reading and writing skills in simple words and sentences that have been mastered by students. Development research is carried out based on the Borg & Gall development theory until the final product revision step is based on validator input. Data collection using observation techniques, tests, and open questionnaires which are then analyzed using the percentage formula and t test. There are 3 reading strategies, namely in unison, echoing, and in pairs. There are 6 writing strategies, namely making: alphabet cards, word walls, personal dictionaries, daily journals, response journals, and mini books. The results showed that the module developed was feasible, effective, and responded positively by students to be used as MMP material. The existence of this reading and writing module can equip students with knowledge and practice to strengthen and develop students' reading and writing skills in the early grades of elementary school.
Keywords: module, reading and writing beginning.
ABSTRAK
Materi Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) dalam mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Awal S1 PGSD FIP UNESA belum cukupmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis kata dan kalimat sederhana yang telah dikuasai siswa. Dilakukan penelitian pengembangan berdasarkan teori pengembangan Borg & Gall sampai langkah revisi akhir produk berdasarkan masukan validator. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan angket terbuka yang selanjutnya dianalisis dengan rumus persentase dan uji t. Terdapat 3 strategi membaca, yaitu serempak, bergema, dan berpasangan. Terdapat 6 strategi menulis, yaitu membuat: kartu abjad, dinding kata, kamus pribadi, jurnal harian, jurnal respon, dan buku mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodul yang dikembangkan telah layak, efektif, dan direspon positif oleh mahasiswa untuk digunakan sebagai materi MMP . Keberadaanmodul membaca dan menulis ini dapatmembekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik untuk menguatkan dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa di kelas awal sekolah dasar.
Kata Kunci : modul, membaca dan menulis permulaan.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danumiharja, Mintarsih. (2014). Profesi Tenaga Keguruan. Yogyakarta: Deepublish.
Hairuddin. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Bahan Ajar Cetak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Hasan, Abdillah Firmanzah. (2015). Ensiklopedia Akhlak Mulia. Solo: Tiga Serangkai.
Prioritas, Usaid. (2016). Modul Perkuliahan Membaca dan Menulis Kelas Awal untuk LPTK. Tallahassee: Florida State University.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran: Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Simamora, Raymond. (2009). Buku Ajar Keguruan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Slavin, Robert. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Sudjana. (2008). Manajeman Program Pendidikan: untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparman, Atwi. (1993). Desain Instruksional. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryaningsih, Nunik Setiyo. (2010). Pengembangan Media Cetak Modul sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII Semester 1 di SMPN 4 Jombang. Surabaya: Skripsi yang tidak dipublikasikan.
Utomo, Tjipto. (1992). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka: Utama.
Vembrianto, St. (1975). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta.
Wijaya, Cece dkk. (1988). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

